Pijat Telapak Kaki (Pijat Refleksi)

Pijat Telapak Kaki (Pijat Refleksi)
Assalamualaikum Dokter, saya mohon bantuan dokter mengenai bagaimana cara yang terbaik dalam melakukan pemijatan pada telapak kaki yang benar yang sepengetahuan saya baik untuk melancarkan peredaran darah dan menyembuhkan banyak penyakit, karena saya tidak tahu pasti di mana “titik-titik” yang tepat ditelapak kaki yang bagus untuk dipijat. Atas jawaban Dokter saya ucapkan terimakasih
ASYUTI TRIYONO, 30 tahun  
Jawaban :
Dear saudari Asyuti,Memang benar walau tidak langsung mengobati penyebab langsung suatu penyakit, terapi pijat refleksi dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, depresi, sindrom pra-haid, asma, gangguan pencernaan, penyakit kulit, dan arthritis.Titik-titik tertentu di daerah telapak kaki yang berjumlah 70 itu menurut teori refleksologi berhubungan erat dengan seluruh organ tubuh, seperti usus, lambung, hati, ginjal, limpa, pankreas, dan jantung.Pijatan di kaki kanan berhubungan dengan tubuh bagian kanan, sedangkan kaki kiri berhubungan dengan tubuh bagian kiri.

Ujung-ujung jari kaki, misalnya berkaitan dengan kepala dan leher. Telapak kaki bagian atas dengan dada dan paru-paru. Telapak kaki bagian tengah dengan kepala, leher dan organ-organ dalam. Dan tumit dengan saraf dan panggul. Jadi, jika ada gangguan di organ-organ tertentu, pijatan di titik-titik yang berhubungan dengan organ-organ tersebut akan menimbulkan rasa sakit.

Pijat refleksi bisa dilakukan dengan menekan titik-titik refleksi di daerah kaki dengan menggunakan tangan ataupun alat bantu. Caranya dengan menekan buku jari telunjuk yang ditekuk di titik-titik tersebut. Alat bantu yang digunakan semacam tongkat kecil untuk menekan. Untuk mempermudah biasanya bagian kaki yang akan dipijat dilumuri dulu dengan lotion atau minyak. Mula-mula kaki akan dipijat biasanya seperti gerakan pijat lain. Sesuadah kaki dipijat, barulah terapis refleksologi mulai menekan titik-titik refleks yang berhubungan dengan masalah kesehatan yang dirasakan. Mula-mula kaki kiri dulu yang dipijat, baru kemudian kaki yang kanan, dengan arah ke atas menuju jantung, mengikuti aliran darah. Semua itu membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit lamanya, dengan frekuensi seminggu sekali di awal-awal terapi.

Sesudah beberapa minggu barulah frekuensinya bisa dikurangi. Terapi ini sendiri bisa dilakukan untuk semua orang. Biasanya, sesudah pertemuan pertama atau kedua, tubuh akan terasa rileks atau merasa lelah atau mual. Yang perlu diingat, pilihlah terapis yang berpengalaman, sebisa mungkin seorang dokter. Karena, dokter tentu lebih mengetahui daerah-daerah yang dilalui pembuluh darah yang perlu dihindari. Selain itu, agar efektif, terapi ini juga perlu dibarengi dengan gaya hidup yang sehat serta olahraga untuk mempertahankan kondisi tubuh.

Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat

Dikutip dari : www.mediasehat.com

About these ads
Categories: Pijat Konsultasi | 12 Comments

Post navigation

12 thoughts on “Pijat Telapak Kaki (Pijat Refleksi)

  1. ass.dok saya mau minta bantuannya dokter saya
    ngk tau titik-titik mana aja yg harus saya tekan
    untuk penyembuhan penyakit kanker payudara.
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak

  2. Anak perempuan saya usia 11 tahun mengalami sakit cangkrangen (cacar air) di sekujur tubuhnya. Untuk membantu mengurangi rasa sakit sebaiknya titik-titik refleksi di mana yang harus saya pijat?

    • Bapak Adib yang baik,

      Sebaiknya selama 5 hari setelah ruam mulai muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng. Selama masa karantina sebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa, karena kuman yang berada pada kulit akan dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. Untuk menghindari timbulnya bekas luka yang sulit hilang sebaiknya menghindari pecahnya lenting cacar air. Ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi sebaiknya tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras. Untuk menghindari gatal, sebaiknya diberikan bedak talk yang mengandung menthol sehingga mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit sehingga kulit tidak banyak teriritasi. Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat juga menggunakan bedak talk salycil yang tidak mengandung mentol. Pastikan anda juga selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit itu sendiri. Konsumsi buah- buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu biji dan tomat merah yang dapat dibuat juice.

      Varicella atau cacar air ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya serangan berulang saat individu tersebut mengalami panurunan daya tahan tubuh. Penyakit varicella dapat diberi penggobatan “Asiklovir” berupa tablet 800 mg per hari setiap 4 jam sekali (dosis orang dewasa, yaitu 12 tahun ke atas) selama 7-10 hari dan salep yang mengandung asiklovir 5% yang dioleskan tipis di permukaan yang terinfeksi 6 kali sehari selama 6 hari. Larutan “PK” sebanyak 1% yang dilarutkan dalam air mandi biasanya juga digunakan.
      Setelah masa penyembuhan varicella, dapat dilanjutkan dengan perawatan bekas luka yang ditimbulkan dengan banyak mengkonsumsi air mineral untuk menetralisir ginjal setelah mengkonsumsi obat. Konsumsi vitamin C plasebo ataupun yang langsung dari buah-buahan segar seperti juice jambu biji, juice tomat dan anggur. Vitamin E untuk kelembaban kulit bisa didapat dari plasebo, minuman dari lidah buaya, ataupun rumput laut. Penggunaan lotion yang mengandung pelembab ekstra saat luka sudah benar- benar sembuh diperlukan untuk menghindari iritasi lebih lanjut. …(sumber wikipedia).

      Untuk membantu mengurangi rasa sakit sebaiknya dipijat semua titik-titik refleksi di wilayah telapak kaki dengan tekanan ringan hingga sedang serta menghindari pecahnya lenting cacar air (jika ada). Semoga putri Bapak cepat sehat kembali. Amin.

      Salam hangat,
      PijatKeluargaSehat@Gmail.Com

  3. dok titik mana yang saya harus pijat kalo pundak sebelah kiri saya selalu sakit mohon bantuannya .thanks

    • Yth. Ibu Tahira yang baik,

      Ibu Tahira bisa call ke saya jika berkenan untuk menjawab pertanyaannya. Bagaimana menurut Ibu ?

      Moga informasi ini ada manfaatnya.

      Atas kunjungan ke blog ini, saya sampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat

  4. Cintya

    Ibu saya mempunyai hipertensi dan jantung. Ibu saya sering sekali sakit kepala yang tidak tertahankan walaupun sudah meminum obat hipertensinya. Yang mau saya tanyakan titik reflexi mana yang bisa mengurangi sakit kepala? Tolong jawabannya. Saya tidak tega sama ibu saya kalau sakit kepalanya sudah datang……Thanks

    • Yth. Ibu Yossi yang baik,

      Anda bisa menekan dg tekanan ringan-sedang di titik-titik yg ada di gambar berikut ini :

      Moga ada manfaatnya.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat ! 0819 3265 8331
      Blog Informasi Terapi Pijat Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat dan Bekam Pertama di Indonesia, Blog Pelatihan Terapis Pijat Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat Pertama di Indonesia

  5. widodo FKIP

    bagaimana kita dapat memijat telapak kaki bila sakit pinggang?

  6. Oh iya sekalian bertanya..Maaf ini yang kedua kalinya saya bertanya.

    Apa ada efek sampingnya jika kita melakukan pijatan telapak kaki kemudian kita salah menekan titik refleksinya?

    Saya orang awam dalam memijat titik2 di kaki walaupun ada gambarnya tetap saja masih ragu untuk melakukannya sendiri.

    Salam

    • Menjawab pertanyaan saudara :
      Apa ada efek sampingnya jika kita melakukan pijatan telapak kaki kemudian kita salah menekan titik refleksinya?
      Menurut pengalaman saya, sebenarnya tidak terlalu bermasalah jika salah menekan titik refleksinya….cuma hasil yg pengobatan diharapkan tidak maksimal atau bahkan tidak terasa sama sekali. Paling hanya terasa ditekan-tekan saja.
      Saran saya : sebaiknya Anda belajar pijat reflexology praktis sehingga Anda bisa menekan titik2 reflexology dengan benar dan hasilnya bisa membantu sesama. Kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
      Salam hangat & sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat
      0819 3265 8331

  7. pjat keluarga sehat yg baik. apakah ada buku panduan cara pijat yg benar atau dimana saya dapat mempelajarinya tks. maaf sebelumnya saya membaca artikelnya lantsa saya tertarik .

    • Yth. Ibu Roslina Sinaga yang baik,

      Menjawab pertanyaan Ibu Roslina, buku panduan cara pijat yang benar bisa didapatkan di toko buku Gramedia atau toko buku Toko Gunung Agung. Disana Ibu akan mendapatkan beberapa buku yang membahas tentang panduan cara memijat pijat.

      Moga informasi ini bermanfaat. Amin.

      Salam hangat & sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat 0819 3265 8331
      Blog Informasi Pijat Sehat yang Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat, Bekam dan Ear Candle yang Pertama di Indonesia, Blog Pendidikan dan Pelatihan Terapis Pijat yang Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat yang Pertama di Indonesia Blog Kemitraan Bisnis Pijat Keluarga Sehat yang Pertama di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 66 other followers

%d bloggers like this: