Manfaat Pijat Refleksi Kaki

Pernahkah Anda berjalan dengan kaki telanjang di atas hamparan batu kecil berbentuk bulat lonjong? Ingatkah bagaimana rasanya?
Jika melakukan itu, setiap orang mungkin akan merasakan hal yang sama, yaitu rasa segar ketika bebatuan menekan-nekan telapak kaki. Perasaan rileks dan segar pun langsung menyeruak ke sekujur tubuh. Bagaimana ini bisa terjadi?
Seperti dikatakan pakar pengobatan tradisional Prof Hembing Wijayakusuma, tekanan batu pada telapak kaki memberikan rangsangan bioelektrik pada organ tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf telapak kaki. ”Rangsangan bioelektrik memperlancar aliran darah sehingga tubuh menjadi segar.”
Walau berkhasiat, namun bertelanjang kaki di atas hamparan bebatuan berkarakter tumpul tak selalu mudah dilakukan. Ini karena hamparan bebatuan seperti itu kadangkala sulit ditemui. Jika pun ada hamparan bebatuan, seringkali terselip satu dua buah batu berbentuk runcing yang dapat melukai kaki.
Tapi Anda tak perlu khawatir. Mendapatkan rangsangan bioelektrik yang bermanfaat itu tak selalu harus dilakukan dengan bertelanjang kaki di atas hamparan bebatuan. Anda bisa memperoleh manfaat itu melalui terapi pijat refleksi kaki dengan menggunakan tangan. ”Terlebih, terapi refleksi kaki ini bisa dilakukan sendiri,” kata Hembing.
Terapi pijat refleksi kaki dapat memberikan efek relaksasi yang serupa dengan ketika berjalan di atas bebatuan. Pemijatan pada telapak kaki akan memberikan rangsangan yang mampu memperlancar aliran darah dan cairan tubuh. Hasilnya, sirkulasi penyaluran nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi lancar tanpa ada hambatan sedikit pun.
Lebih lanjut, sirkulasi aliran darah yang lancar itu akan memberikan efek relaksasi dan kesegaran pada seluruh anggota tubuh. ”Tubuh mengalami kondisi keseimbangan,” jelas guru besar yang telah menulis sekitar 70 buku ini.
Inti terapi pijat refleksi kaki, menurut Hembing, terletak pada pengaktifan refleks pada kaki yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk diketahui, telapak kaki manusia memiliki titik-titik syaraf yang berhubungan dengan organ-organ tubuh lainnya. ”Nah, cara kerja terapi pijat refleksi kaki adalah memberikan rangsangan relaksasi pada bagian tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf kaki yang dipijat.”
Karena itu, pemahaman tentang simpul-simpul syaraf pada telapak kaki sangatlah penting. Letak titik-titik syaraf pada kaki harus diketahui dengan baik dan benar. Misalnya, posisi syaraf kaki yang menghubungkan dahi kanan terletak pada ujung jari kaki kiri. Sementara titik syaraf kaki yang menghubungkan organ kandung kemih berada pada kedua telapak kaki bagian sisi dalam.
Masih menurut Hembing, setiap organ tubuh memiliki keterhubungan dengan titik-titik syaraf yang terdapat pada telapak kaki. Organ jantung, paru-paru, lambung, dan hati memiliki titik-titik syaraf tersendiri pada telapak kaki. Begitu pula dengan bagian-bagian tubuh lainnya. Terdapat 36 titik syaraf telapak kaki yang masing-masing menghubungkan anggota-anggota tubuh tertentu.
Selain pemahaman terhadap simpul-simpul syaraf pada telapak kaki, keberhasilan terapi pijat refleksi kaki juga ditentukan oleh teknik pemijatan. Ada berbagai macam cara memijat titik-titik syaraf telapak kaki. Penekanan bisa dilakukan dengan membengkokkan jari tengah dan telunjuk, sementara jari lainnya mengepal keras. Pada teknik ini, titik penekanan terdapat pada jari tengah dan sendi tengah jari telunjuk.
Pemijatan juga bisa dilakukan dengan memusatkan titik tekan pada ibu jari. Caranya, penekanan titik syaraf telapak kaki dilakukan dengan menggunakan perut ibu jari, sementara keempat jari lainnya membentuk posisi 60 derajat. Dalam bukunya berjudul Terapi Pijat Refleksi Kaki, Hembing mengutarakan 12 teknik pemijatan syaraf telapak kaki yang bisa dipraktekkan oleh pembaca buku ini di rumah.
Pengetahuan tentang titik syaraf telapak kaki dan teknik pemijatan yang benar ternyata belum cukup dijadikan jaminan keberhasilan dalam melakukan terapi ini. Ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan. ”Kondisi ruang terapi harus diperhatikan,” ujar pria yang duduk dalam senat guru besar Universitas Bung Karno (UBK) ini.
Terapi ini sebaiknya dilakukan di ruang yang bersih, nyaman, tenang, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kondisi tersebut dapat membantu pasien menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, waktu pemberian terapi juga harus diperhatikan yaitu sekitar 30 menit, dengan frekuensi 3-6 hari sekali untuk mencegah penyakit, dan 2-3 hari sekali untuk mengatasi gangguan penyakit. Kondisi telapak kaki pasien pun tidak dalam keadaan luka.
Harus pula diingat, terapi pijat refleksi kaki mesti dilakukan secara menyeluruh. Artinya, pemijatan tidak hanya pada satu titik syaraf telapak kaki tertentu saja. Proses penanganan kasus telinga berdenging misalnya, tidak hanya menekan titik syaraf kaki yang berhubungan dengan telinga. Pemijatan titik syaraf telapak kaki yang berhubungan dengan organ kepala, ginjal, dan kelenjar getah bening juga mesti dilakukan. ”Semua organ itu berkaitan dengan organ telinga,” kata Hembing.
Apakah terapi ini memiliki efek samping? Ditegaskan Hembing, terapi ini tidak memiliki efek samping selama dilakukan secara baik dan sesuai petunjuk. n c16

Dikutip dari : http://www.republika.co.id

About these ads
Categories: Pijat Altenatif | Tags: | 61 Comments

Post navigation

61 thoughts on “Manfaat Pijat Refleksi Kaki

  1. Imam Mawardi

    di mana ada pijat yang baik, terutama yang mijat laki-2? biasanya perempuan cantik. Sering tergoda ndak yaaa, jka pemijatnya perempuan cantik

    • di samarinda aja pak di sini pemijatnya cowok semua….hehehehe terlalu di promosi amat sih,,tp nda apa2lah..

  2. pijatkeluargasehat

    Maaf, kalo boleh tahu ? Bapak tinggal di kota mana ? Kalo di Jakarta banyak sekali tempat untuk pijat refleksi seperti didaerah kelapa gading atau griya bersih sehat yang mempunyai cabang di banyak daerah.
    Kalo soal tergoda atau nggak bila yang terapist pijatnya wanita, kembali kepada niat, tujuan dan cara berpikir kita sendiri. Jika niatnya awalnya untuk pijat untuk kesehatan hasilnya pasti kita akan merasa sehat. Jika yang lain…wah kata mas tukul — kembali ke laptop….
    Thank’s atas komentar dan kunjungannya ke blog ini.

    • Happy S

      Betul sekali, selama pikiran kita tidak ngeres, maka tidak akan terjadi hal-hal yang negatif. Tapi seorang pria tertarik pada wanita juga wajar, wong itu anugerah dari Tuhan, harus kita syukuri, asalkan perasaan itu dapat dikendalikan dengan benar.

  3. eka banyu adji pangestu

    kalo boleh tau,berapa mennit sih dari satu titiknya??dan titik mana aja yang paling penting bagi si pasien,tapi itu untuk semua penyakit..?gi belajar

  4. pijatkeluargasehat

    kalo ditanya berapa menit, jawabnya sifatnya insting atau kebiasaan dari masing terapist pijat yang berbeda berdasarkan pengalaman masing2 ya. Untukmudahnya disesuaikan dengan detak jantung kita…ok ?
    Kalo titik untuk pijat refleksi itu banyak sekali ada lebih dari 1000 titik, tapi yang utama dan sering dipake para terapist ada kurang lebih 360 titik.
    Disarankan detail titik2 pijat bisa dilihat dengan membeli buku tentang pijat refleksi yang banyak dijual di toko buku (gramedia atau gunung agung).
    Thank’s ya atas pertanyaannya.

  5. nia

    cara cara pemijatan refleksi kaki bagaimana ya ? Dari manan ke mana?

  6. pijatkeluargasehat

    Yth. Ibu Nia

    Cara-cara pemijatan refleksi kaki —– terdapat 3 teknik dasar antara lain :
    - teknik genggaman (variasi tekniknya meliputi : genggaman tekan satu jari, genggaman tekan dengan banyak jari, genggaman jepitan dan genggaman langsung).
    - teknik putaran
    - teknik ibu jari dan jari berjalan berjalan .

    Darimana kemana ? Itu tergantung dari kebiasaan masing2 terapist pijat atau berdasarkan apa yang mereka terima dari pendidikan dan pengalaman selama melakukan terapi pemijatan. Pada pointnya, tidak ada masalah mulai dari mana dan kemana —- yang penting titik yang dipijat benar dan tepat sehingga bisa menyembuhkan keluhan pasien.

    Ibu Nia, thank’s atas partisipasinya. PijatKeluargaSehat !

  7. mau nanya titik pijat jantung (koroner ) dan pembengkak an
    serta herbal yg bagus untuk obat jantung
    mohon bantuan gambarnya
    dan dapat di email

    “semoga menjadi ladang amal buat kita semua?

  8. Ray adnyana

    Pak mau

  9. Yth. Kepada Seluruh Pengunjung Blog PijatKeluargaSehat,

    Jika Anda ingin melakukan pemijatan sendiri untuk mengatasi penyakit yang sedang diderita bisa dilihat di “BLOGROLL —- PIJAT PRAKTIS”
    Terima kasih atas partisipasinya.

  10. Ray

    aku pengen belajar. aku ngerasa, aku butuh ilmu ini. btw,bapakku kena sirosis, berkali2 masuk rumah sakit gak sembuh2.thanks..

  11. Bapak Ray yang baik,

    Saya cukup prihatin mendengar ttg penyakit Bapak Anda, dan mengenai keinginan Anda untuk belajar mengenai pijat bisa Anda lakukan :
    1. dengan membeli buku-buku tentang pijat & dipraktekkan.
    2. belajar kepada para terapis pijat secara langsung maupun tidak langsung.

    Semoga dapat membantu Anda. Dan thank’s atas kunjungannya ke blog ini.

  12. Eko Priyono

    Yth.Pengelola PKS.
    Saya berada di kota Selatpanjang,Kab.Bengkalis Riau.
    waktu di SD saya sering melihat Pijat Refleksi di Kaki.setelah SMA saya mendapat pelajaran pijat refleksi dari orang yang sering saya lihat tsb.
    pelajaran secara langsung hanya sedikit dan selebihnya saya pelajari lewat kertas yang dia berikan berisikan gambar kaki beserta nama titik refleksi tsb.
    dari beberapa pesakit yang saya bantu alkhamdulillah ada kemajuan disisi kesehatannya walau tidak semua yang saya bantu. tetapi saya masih ada keraguan yaitu tentang arah urutnya, pertama kali yang harus dipijat ( apakah langsung pada titik refleksi atau ada titik pokok).
    mohon bantuannya n kalo ada mohon dikirimi gambar urat-urat pada tubuh manusia.
    Semoga pijatkeluargasehat semakin sukses.

  13. Ya baiklah semua petunjuk pijat refleksi disini, saya juga pernah belajar dan memang banyak bermanfaat, tergantung yang melakukan pijat ini, yang perlu diperhatikan kalau memijat jangan asal pijat sekerasnya, itu malah kurang efisien hasilnya, karena tubuh kita akan melakukan perlawanan karena menahan sakit oleh tekanan ini. Semoga bermanfaat, trims

  14. 2 th llu anak sy jth dr pohon sampai skrang g bs jalan buang air kecilpun msh pkai ketetr (slang) umurnya 23 th kami berobat sdh melalui medis/non medis namun hasilnya sllu nihil, mohon petunjuk bpk. ke email sy. bapaksma@yahoo.co.id

    trimaksih jka bp berkenan membalsnya

  15. saya adlh terapist pjat refleksi pemula,apa ada efek tertentu dalam jangka pnjang jika seseorang sering melakukan pijat?karena banyak pasien saya dlm 1 bulan bs 4-5 kali pijat,dan rata2 menanyakan efek buruk kalau terlalu sering dipijat,yg mereka khawatirkan ada tidaknya organ tbuh tertentu yg terganggu akibat sering pijat,terima kasih sebelumnya…

  16. grandong

    pak mau tanya .untuk titik syaraf mata. mana yang harus kita pijat.telapak kakinya.trim kasih

  17. rian

    Salam kenal Bapak saya Rian di Bogor, rencana pada bulan ini saya akan membuka tempat pijat refleksi… mhon informasinya saya dapat memperoleh gambar2 / poster pijat refleksi dimana ya? sya download di internet tp kapasitasnya kecil.. terima kasih

    • Bapak Rian yang baik,

      Salam kenal juga dari Pijat Keluarga Sehat, sebelumnya saya ucapkan selamat atas akan dibukanya tempat pijat refleksi milik Anda…moga berjalan dengan baik dan bisa membantu banyak orang. Amin.

      Mengenai informasi gambar/poster pijat refleksi dapat Anda peroleh dengan membeli di “Gramedia” cabang Pasar Baru di Jakarta Pusat. Moga informasi ini bermanfaat. Jika Anda bingung, Anda bisa menhubungi saya secara langsung di 0819 3265 8331 dan kita bisa belanja poster refleksi bersama.

      Salam hangat,
      PijatKeluargaSehat@Gmail.Com

  18. apakah anak2 bisa direfleksi? kalau bisa mulai umur berapa?

  19. muhammad adam

    dimana saya bisa belajar pijat refleksi di bekasi

  20. Harry

    pak…saya harrydiKediri,saya pemijat refleksi,slama ini pakai minyak GPU&lotion,menurut bpk minyak pa yang baek

    • Yth Bapak Harry yang baik,

      Dari yang saya baca dari info Bapak Haary, pemakaian minyak dan cream tersebut bisa diteruskan. Tapi sebaiknya ditanyakan dahulu ke pasien apakah mereka suka pakai minyak yang panas atau tidak panas atau pakai lotion ? Kalau pakai minyak pijat yang tidak panas, mempunyai aroma terapi ada dan di produksi oleh perusahaan besar serta bisa dicari di toko-toko kosmetik…soal kualitas sifatnya relatif karena produksi pabrik ada yang bagus hingga biasa.

      Jika Anda tertarik dengan minyak pijat aroma terapi “zaitun” atau “kayu cendana” buatan homemade dan handmade sendiri dari Pijat Keluarga Sehat ! —- bisa dipesan lewat sms atau email.

      Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      PijatKeluargaSehat !

  21. lala

    saya tertarik dg sistem pijat ini, saya ingin membwt mklah tlg bantu saya!!!!!!!!!!
    krim saja k e-mail saya.

  22. Aq pnh mlakukan pijat refleksi kaki dgn mggunakan tongkat kayu. Pas titik2 syaraf organ yg sakit di tekan rasanya spt ditetes api. Dan pmijatnya ngmg empedu saya udh g normal. Dia saran kan utk sering pijat minimal 3 hari sekali. Apa kah hal itu perlu sy lakukan? Apakah dgn dmikian pnyakit sy bs sembuh. Thanks..

    • Yth. Bapak Rudy yang baik,

      Dari cerita Bapak Rudy, dapat saya berikan beberapa saran antara lain :
      - untuk pijat refleksi hanya bisa memberikan info tentang titik saraf yang sakit di badan kita berdasarkan dari rumus-rumus titik refleksi yang bisa kita lihat di buku-buku refleksi. kesimpulannya berfungsi hanya sebagai petunjuk saja kalau ada yang sakit di posisi badan kita.
      - yang bisa memberitahukan kalo seseorang sakit atau tidak sebaiknya diperiksakan ke dokter atau tes ke lab berdasarkan referensi dokter. hal ini lebih bisa dipertanggungjawabkan secara moral dan ilmiah.
      - saran saya sebaiknya pijat dilakukan seminggu sekali atau 2 minggu sekali atau sebulan sekali, hal tergantung dari keluhan kita sendiri dimana kita lebih mengetahui / merasa capek atau tidak.
      - masalah sembuh atau tidaknya penyakit seseorang—semua itu tergantung dari ijin Alloh SWT saja, kita sebagai manusia wajib berikhtiar semampunya untuk mencari pengobatan yang tepat bagi kita.
      Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      PijatKeluargaSehat !

  23. har

    sy mo nanya, istri sy saat ini menginginkan segera dapet momongan, apakah bisa dengan pijat refleksi dpt membantu? bgn manakah yg harus dipijat?
    dan apabila nantinya sudah hamil, apakah masih boleh dipijat refleksi?
    mohon dapat dikirim jawabannya ke email saya jg..
    terima kasih banyak…

    • Yth. Bapak Har yang baik,

      Insya Alloh jika memang Tuhan mengijinkan istri Anda mempunyai anak, apa sih yang tidak mungkin. Masalahnya Anda dan istri harus terus ber-ikhtiar dengan sabar dan tekun serta tidak mudah putus asa.

      Dan pijat merupakan salah satu cara / ikhtiar untuk mendapatkan anak.

      Titik pijat pada no : 55,56,57 dan 60 secara rutin 2-3 hari sekali yang bisa Anda pijat bisa dilihat gambar refloxology (pada tanggal 2 maret 2009, tepat di gambar bisa di klik 2 x untuk memperbesar gambar) di blog ini juga.

      Selamat mencoba.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      PijatKeluargaSehat !

  24. adriansyah

    pak mau tanya, kalo mo belajar pijat refleksi di jaksel, dimana ya???, kalo gak ada di jaksel setidaknya yg di jakarta raya, mohon masukannya, dan berapa kira2 biayanya, trims pak……..

    • Yth. Bapak Adriansyah yang baik,

      Pijat Keluarga Sehat juga mengadakan pelatihan pijat baik untuk pijat praktis maupun untuk menjadi therapist pijat (untuk biaya pelatihan pijat bisa dilihat dihalaman pertama “BELAJAR PIJAT”).

      Pijat Keluarga Sehat terletak di Graha Mustika Ratu Lt. 05 Jl. Gatot Subroto Kav. 74-75 Jakarta Selatan, sebaiknya dengan janji terlebih dahulu jika ingin bertemu.

      Bagaimana menurut Bapak Adriansyah ?

      Salam hangat dan sehat selalu,

      PijatKeluargaSehat !

  25. Hendra

    Selamat mlm,,, saya mau nanyak,, kenapa ya setiap abis saya teraphis orang,, setelah itu tidak banyak sedikit saya merasakan penyakit yang dialami org itu,,,,,
    saya bingung,,, gimana?

    • Yth. Bapak Hendra yang baik,

      Manakala kita melakukan terapi pijat ke orang lain / pasien berarti secara langsung maupun tidak langsung kita bersentuhan tangan dengan pasien, dimana sentuhan ini sama dengan transfer energi dari yang kuat ke yang lemah atau sebaliknya.

      Contoh yang bisa menjelaskan hal ini adalah : pada waktu kita kecil manakala kita digendong atau digandeng tangan kita oleh orang tua rasanya kita merasa damai dan tenang. Sebenarnya yang kita rasakan saat itu adalah transfer energi kasih sayang dari orang tua ke anak atau sebaliknya.

      Sedangkan untuk kasus yang Anda hadapi adalah manakala Anda melakukan terapi ke pasien mungkin saat itu keadaan Anda :
      - sedang lemah
      - sedang sakit
      - sedang banyak masalah yang sedang dihadapi
      Sehingga energi pasien yang negatip/sakit yang kuat pindah ke Anda yang saat itu kondisi Anda lebih lemah daripada pasien.

      Saran saya, sebaiknya jika Anda hendak melakukan terapi pijat dilakukan dalam kondisi Anda yang sehat (jika sakit sebaiknya jangan Anda melakukan terapi pijat), jika punya masalah segera disingkirkan sementara waktu dan fokus untuk melakukan terapi pijat ke pasien. Dan setelah melakukan terapi pijat sebaiknya Anda lakukan grounding yaitu membuang semua energi negatip ke bumi dengan cara kedua telapak tangan diarahkan ke bumi atau tanah disertai dengan niat dalam hati membuang semua energi negatip ke bumi.

      Moga info ini ada manfaatnya.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      OA Yuwono, SE, MM
      Founder Pijat Keluarga Sehat !

      Pijat Keluarga Sehat adalah Blog Informasi Terapi Pijat Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat dan Bekam Pertama di Indonesia, Blog Pelatihan Terapis Pijat Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat Pertama di Indonesia

      • Hendra

        Terima kasih atas penjelasannya, mudah2an dg apa yg disampaikan oleh Anda menjadi manfaat bagi saya,,, oy, saya mau nanyak,, kadang kala saya takut menangani orang lumpuh dan asam urat karena saya takut urat yang sensitif itu malah menjadi bahaya bagi penderita,,, cara gimana sebaiknya yg saya lakukan?

  26. nila

    Sudah beberapa bulan ini saya belajar pijat refleksi otodidak melalui buku-buku maupun artikel2 tentang pijat refleksi. Tapi saya belum berani untuk melakukan pijat refleksi pada titik syaraf mata pada kaki karena ada teman yang bilang berbahaya kalau bukan ahlinya, bisa-bisa nanti merusak syaraf dan menimbulkan efek samping lain. Bagaimana menurut Bapak ? Mohon penjelasan. Terima kasih sebelumnya.

    • Yth. Ibu Nila yang baik,

      Pijat adalah ilmu terapan atau ilmu praktek. Jadi manakala dipraktekkan baru terasa hasilnya.
      Belajar dari buku atau artikel ttg pijat refleksi adalah baik juga sebelum melakukan praktek supaya titik yang dipijat benar.
      Dari penjelasan Ibu Nila, saran saya teruskan saja ke langkah selanjutnya yaitu praktek pijat refleksi dengan cara yang aman…..dimana titik pijat bisa ditekan dengan tekanan dari yang ringan ke sedang saja.
      Masalah efek samping, jika dilakukan dengan tekanan diatas, dari pengalaman saya tidak akan ada efek samping karena pijat adalah cara alami dan tidak efek sampingnya. Selamat mencoba ya, Ibu Nila.
      Moga info ini ada manfaatnya.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat !

      Blog Informasi Terapi Pijat Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat dan Bekam Pertama di Indonesia, Blog Pelatihan Terapis Pijat Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat Pertama di Indonesia

  27. Dyah

    sy sering memijat kaki suami di bag telapak,satu ketika ketika saya memijat jari2 kaki bag kiri dia merasa begitu kesakitan.sampai menjerit,pdhl say tdk menekan hnya memegang saja, dan hampr seluruh jari kaki kiri dia rasakan sakit seperti di silet2 berbeda dgn jari2 kaki bag kanan yang ditekan kuat sekalipun tdk trs sakit. kira2 ada indikasi penyakit apa ya ?tks

    • Yth. Ibu Dyah yang baik,

      Berdasarkan pengalaman, apa yang dirasakan suami Ibu Dyah merupakan hasil reaksi atau indikator yang menunjukkan ada beberapa bagian tubuh disebelah kiri ada masalah atau kondisi badannya sedang lemah. Meskipun hanya di sentuh saja, titik pijat refleksi akan terasa sangat sakit sekali.
      Jika Ibu ingin mengetahui indikasi bagian tubuh yang sakit Ibu bisa membeli buku refleksi yang sekarang banyak dijual di toko buku. Disana akan didapatkan gambar diagram titik-titik pijat refleksi di kaki beserta cara memijatnya. Dari sanalah maka pertanyaan Ibu akan terjawab.
      Moga informasi ini ada manfaatnya.

      Atas pertanyaan dan kunjungan ke blog ini, saya sampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat ! 0819 3265 8331
      Blog Informasi Terapi Pijat Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat dan Bekam Pertama di Indonesia, Blog Pelatihan Terapis Pijat Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat Pertama di Indonesia

  28. Artikel Sangat Bagus! ijin sedot ya, saya translate ke English. Thanks.

    • Yth. Ibu Yossi yang baik,

      Dipersilahkan 200% untuk mentranslate ke English.

      Atas kunjungannya dan perhatiannya disampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat ! 0819 3265 8331
      Blog Informasi Terapi Pijat Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat dan Bekam Pertama di Indonesia, Blog Pelatihan Terapis Pijat Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat Pertama di Indonesia

  29. arief

    emang cara pexembuhan xg seperti inilah xg paling aman dan sehat,,ya minimal tanpa efeksamping…perlu di ingat,hdup pd zaman ini segala sesuatu xg kita makan dan minum smua mengandung racuun…jd alangkah baik xa jika qt kembali menjalani kehidupan seperti masa lampau…artixa dlm bidang ilmu pexembuhan pexakit lebih baek menggunakan terapi2 dan obat@an xg tradisional…klo bsa qt smua nanam sendiri tanaman obat2an…ya itung2 ikut melestarikan alam lah…thank’s

  30. pijat refleksi baik untuk memperlanjar peredaran darah,,dan mencegah kesehatan,

  31. wahid

    Pijat refleksi sebenarnya adalah penyembuhan yang paling top dan tidak punya resiko, pijat refleksi itu dulu sistem kesehatan wajib pada kaisar-kaisar tiongkok, termasuk Laksamana Ceng ho juga ahli kesehatan refleksi, hanya saja refleksi butuh kesabaran, tidak bisa instan tapi 90 % dijamin bisa sembuh atas ijin Allah

  32. uus

    kalau yang kena rematik boleh ga d refleksi? jikalau tidak n\knp?

    • refleksi berguna untuk mengurangi nyeri yang diderita klien rematik, tapi tidak menyembuhkan, dimana dengan refleksi klien rematik dapat lebih nyaman dan rileks, sehingga dapat tidur nyanyak, stress berkurang.

  33. zaqqi

    tq untuk pijat keluarga sehat….. Mdh2an tetep bisa ikhlas membagi ilmux sehingga bs bermanfaat bagi pembaca sekali lagi tq…. Bisa nambah wawasan..

  34. Dhea Tamanayu

    Ass, ada pertanyaan yang mengganjal fikiran saya, bisa gk ya pijat refleksi di padukan dgn tenaga prana/ma’rifatullah? atas infonya saya haturkan makasie. wass..

    • Yth. Bapak/Ibu Dhea Tamanayu yang baik,

      Menurut saya…bisa saja pijat reflexology dipadukan dengan tenaga prana/ma’rifatullah karena pola ini sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sendiri sejak jaman kerajaan mojopahit atau mataram kuno yang mana bisa dilihat di candi borobudur.
      Pada jaman dulu orang memadukan pijat (saat itu belum dikenal istilah reflexology adanya dikenal kata urut, atau pijat) dengan tenaga prana berdasarkan cerita rakyat yang berkembang saat itu. Saat itu begitu orang sakit berobat pada tabib dan sang tabib menekan pada titik tertentu, tiba-tiba saja pasien sembuh saat itu juga.
      Dan untuk bisa menggabungkan hal tersebut diatas, diperlukan proses pembelajaran serta pelatihan yang serius sekali dan tiap-tiap orang berbeda pula cara menangkap materi serta penguasaan ilmu tersebut.

      Moga info ini bermanfaat.

      Salam hangat & sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat 0819 3265 8331
      Blog Informasi Pijat Sehat yang Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat, Bekam dan Ear Candle yang Pertama di Indonesia, Blog Pendidikan dan Pelatihan Terapis Pijat yang Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat yang Pertama di Indonesia Blog Kemitraan Bisnis Pijat Keluarga Sehat yang Pertama di Indonesia

  35. yanto

    alamat yg di kelapa gading sebelah mana ?
    tarif per jam?

    wass

    • Yth. Bapak Yanto yang baik,

      Menjawab pertanyaan Bapak, maaf untuk sementara ini di kalapa gading belum ada cabang kami.
      Moga ke depan kita bisa buka cabang disana. Amin.

      Salam hangat & sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat 0819 3265 8331
      Blog Informasi Pijat Sehat yang Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat, Bekam dan Ear Candle yang Pertama di Indonesia, Blog Pendidikan dan Pelatihan Terapis Pijat yang Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat yang Pertama di Indonesia Blog Kemitraan Bisnis Pijat Keluarga Sehat yang Pertama di Indonesia

  36. david yusuf

    Terima kasih atas informasi pijat refleksi

  37. faiz

    ThanKsYa AtaS InFoRmasInYa….

  38. Boleh gak…pijat refleksi bgi ibu hamil…?.

    • Yth. Nandaz yang baik,

      Reflexology tidak disaranan untuk ibu hamil karena bisa mengakibatan keguguran.
      Sebaiknya jika mau pijat bisa cari tempat yang melayani pijat khusus ibu hamil atau pre-natal massage.
      Moga info ini manfaatnya.

  39. lily

    lily;
    kakak saya menderita kanker stadium 3,maag kronis dan rematik
    kakak saya gak mau di kemo,bagaimana dgn reflexy aj?
    balas.

    • Yth. Ibu Lily yang baik,

      Maaf dengan sakit yang diderita oleh kakak Ibu Lily, sebaiknya mengikuti saran dokter.
      Jika dengan pijat refleksi hanya sebatas mengurangi rasa sakit saja karena saat dipijat refleksi badan mengeluarkan homon endorfin yang berfungsi untk meredakan rasa sakit saja.
      Saran saya, sebaiknya ke dokter saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: