Pijat Refleksi, Titik dan Teknik Mesti Tepat

Jakarta, Sinar Harapan

Ruangan itu penuh sesak dengan keingintahuan saat Hembing Wijayakusuma, seorang dokter yang populer dengan terapi tradisionalnya, mempresentasikan masalah sejarah terapi pijat refleksi kaki. Sambil menunjuk sebuah layar OHP yang menampilkan gambar pada relief makam kuno Mesir, sang profesor mengatakan bahwa terapi refleksi telapak kaki dan tangan telah dikembangkan di Mesir sejak tahun 2330 Sebelum Masehi.
Seakan memastikan bahwa terapi pijat refleksi terbukti ampuh sejak berabad-abad lalu, Hembing kembali menampilkan foto seorang laki-laki Tiongkok dalam tampilan layar hitam putih yang tengah menikmati pijat refeleksi pada kakinya. “Masyarakat Tiongkok telah memanfaatkan terapi pijat refleksi sejak ribuan tahun lalu,” ujar Hembing di depan ratusan peserta yang hadir dalam peluncuran bukunya di Jakarta pekan lalu.
Namun, tambah Hembing, karena masyarakat Tionghoa saat itu bersikap sangat tertutup sehingga ilmu ini tidak berkembang. Padahal, secara praktek dapat dibuktikan bahwa terapi pijat memiliki efektifitas cukup tinggi. Bukan hanya melancarkan peredaran darah, tapi juga menambah energi karena secara mekanistis memiliki kemampuan melatih saraf dan otot tubuh sehingga tubuh lebih fit dan mampu menangkal penyakit.
Sejumlah penyakit disebut oleh Hembing bisa disembuhkan melalui pijat refleksi. Mulai dari penyakit ringan seperti pusing, pegal-pegal, dan perut mulas hingga penyakit berat seperti jantung dan kanker. “Seorang pasien penyakit jantung yang sudah divonis dokter bahwa jantungnya harus di-bypass, terbukti bisa sembuh dengan pijat refleksi,” ujar Hembing.
“Iming-iming” menyembuhkan berbagai penyakit lewat pijat refleksi memang menggiurkan. Apalagi, menurut Hembing, teknik ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri, jauh lebih menghemat kocek dibanding mesti pergi ke ahli terapi pijat. Namun tentu saja, “iming-iming” ini tak semudah membalik telapak tangan. Tak semua orang bisa menikmati kemanjuran pijat refleksi meski membaca buku yang sama atau “menimba ilmu” pada satu guru. “Pijat refleksi manjur jika dilakukan pada titik yang tepat dan menggunakan teknik yang benar,” jelas Hembing.
Jadi kalau sedikit saja titik yang dipijat meleset, maka efek yang akan didapatkan akan berbeda. Salah-salah malah bertolak belakang. Hal ini pula yang diungkap Prof. Usman Tambunan, peneliti pengembangan obat dari Universitas Indonesia, yang berbicara dalam forum yang sama.
Menurut Usman, sebuah buku yang sengaja dibuat untuk tuntunan pijat refleksi sendiri mestinya dibuat dengan detil dan jelas. Para pembaca harus mengetahui benar titik mana yang dijelaskan oleh buku tersebut. Jika informasi mengenai titik pijat ini kurang jelas maka praktek pijat refleksi pun akan sulit dilakukan dan membawa dampak yang tidak diinginkan.
Perlu diketahui, sesuai dengan teori zone yang dikembangkan Dr. Edwin Bowers, tubuh manusia memiliki 10 zone Zone-zone tersebut tidak hanya berjalan memanjang tetapi juga menembus melalui tubuh. Sehingga satu jalur zone yang terdapat di bagian depan dapat juga dicapai dari tubuh bagian belakang. Setiap organ yang terletak pada jalur yang sama dinyatakan satu saluran energi kehidupan yang sifatnya abstrak.
Pijatan pada salah satu zone di jari kaki akan berpengaruh pada bagian tubuh yang sejalur dalam zone tersebut. Inilah yang membuat pijat refleksi kaki dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang dialami organ tubuh. (san)

Dikutip dari : sinarharapan.co.id

About these ads
Categories: Pijat Altenatif | Tags: | 34 Comments

Post navigation

34 thoughts on “Pijat Refleksi, Titik dan Teknik Mesti Tepat

  1. Andri

    Sungguh suatu informasi yang sangat besar mamfaatnya bagi masyarakat,pengobatan yang murah tapi dengan hasil yang baik yaitu dengan pijat refleksi.Kalau bisa saya minta tolong dikirimi cara melakukan pijatan dan gambar titik2x kaki ke email saya.Terimakasih.

  2. pijatkeluargasehat

    Ok, Andri terima kasih atas komentarnya dan partisipasinya dalam blog ini.
    Mengenai cara melakukan pijat refleksi bisa dilaksanakan dengan melakukan pemijatan kepada keluarga kita dahulu, mulai dari anak, istri, suami, saudara atau teman. Point-nya ilmu pijat itu ilmu praktek. Semakin sering dipraktekkan semakin pandai kita dalam hal pemijatan.
    Gambar titik2 kaki akan saya usahakan untuk me-email kepada Anda. Untuk lebih lengkap mengetahui titik2 refleksi bisa dengan cara membeli buku ttg refleksi di toko buku gunung agung atau gramedia….disana tersedia banyak dan dengan harga yang terjangkau.
    Thank’s PKS

  3. dita

    saya sangat ingi tau sejarah asal mula pijat refleksi yang lebih details dan lengkat. thx

  4. dita

    saya sangat ingin tau sejarah asal mula pijat refleksi yang lebih details dan lengkap. juga proses pijat refleksi step by step. kalo bisa tlg kirim jawabanny via email karena saya sangat membutuhkan informasi tersebut.thx

  5. pijatkeluargasehat

    Yth. Dita yang baik,

    kalo informasi ttg sejarah refleksi yang lengkap bisa didapatkan dengan membeli buku2 ttg refleksi di toko buku gunung agung atau gramedia. Di sana tersedia lengkap ttg semua informasi yang anda butuhkan…ok ? Thank’s

  6. fachruzy

    mohon dikirim via email gambar dan panduan tata cara pemijatan yang baik dan benar karena saya tertarik untuk bisa dan belajar memijat.

  7. pijatkeluargasehat

    Yth. Bapak Fachruzy yang baik,

    Mengenai gambar dan panduan tata cara pemijatan yang lengkap, bisa Anda dapatkan dengan membeli buku2 ttg pemijatan di toko buku gunung agung atau gramedia. Di sana tersedia lengkap dan banyak buku ttg semua informasi yang anda butuhkan…ok ?

    Dan terima kasih, PijatKeluargaSehat !

  8. Siang…. ada gak tutorialnya yang berupa video?

  9. alie

    Informasi ini membantu bgt..
    Tolong donk dimuat gambar/chart reflexiology-nya.
    Biar kami pemula ini dpt dg mudah belajar. Thx.
    Klo ada gambarnya tolong kirimkan ke email saya yach..@^_^@

  10. Hallo Alie salam kenal ya dari PijatKeluargaSehat,

    Terima kasih ya untuk komentarnya. Dan masalah gambar reflexology bisa dilihat di “BLOGROLL Pijat Praktis”. Thank’s

  11. Rini

    Informasi yang sangat berharga untuk kita semua, dalam rangka untuk menjaga kesehatan. Mohon untuk diberikan informasi tentang adanya seminar atau pelatihan hal-hal yang berhubungan dengan terapi refleksologi.Terima kasih.

  12. agung irawan

    tolong beri cara2 memijat yang baik dan gambar2nya lewat email saya.. jujur saya tertarik mempelajari untuk kesehatan.mtrnuwn.

    • Hai Agung Irawan yang baik,

      Kalau Anda ingin mengetahui cara2 memijat yang baik maka sebaiknya Anda belajar langsung ke terapis pijat yang ahli & profesional karena pijat adalah ilmu praktek.

      Mengenai gambar, Anda bisa dengan membeli buku pijat refleksi untuk mengetahui lebih mudah titik pijatnya dan bisa didapatkan di toko buku gramedia tau gunung agung. Bisa juga Anda melihat di Gambar Titik Reflexologist Dari http://www.FindaReflexologist.com. Selamat mencoba ?

      Salam hangat,
      PijatKeluargaSehat@Gmail.Com

  13. jauhari rahman

    tolong kirimin dong teknik pijat plus gambarnya tanpa rasa sakit

  14. Mohon dikirim gambar dan keterangan titik-titik refleksi ke e-mail saya
    terimakasih

    • Yth. Bapak Suratno,

      Gambar titik pijat reflexology sudah saya kirimkan lewat email sesuai dengan permintaan Bapak.
      Semoga bermanfaat.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat !

  15. junawan

    kirim gambar dan teknik pijat terapinya bagi2 ilmunya gitcu loch pengen bisa juga

    • Yth. Bapak Junawan,

      Gambar titik pijat reflexology sudah saya kirimkan lewat email sesuai dengan permintaan Bapak.
      Semoga bermanfaat.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat !

  16. junawan

    kalo pengen mahir butuh berapa lama sih

    • Yth. Bapak Junawan yang baik,

      Jika ingin mahir pijat, jawabannya tiap orang sifatnya relatif maksudnya :

      1) tiap orang berbeda-beda kemampuan dalam menerima dan mempraktekkan ilmu pijat, ada yang belajar pijat dalam 4 jam sudah bisa memijat, ada juga yang dalam waktu 1 hari bisa memijat dan ada pula yang butuh waktu berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun baru bisa memijat.

      2) tergantung dari guru/instruktur dalam cara mengajar ilmu pijat, ada guru/instruktur yang memberikan ilmu pijat dengan praktis dan mudah dipahami serta dipraktekkan, sehingga hanya dalam hitungan 4 hingga 8 jam seseorang bisa melakukan praktek pijat dan butuh tambahan praktek pijat mandirik lebih dari 100 jam (100 pasien pijat) untuk menjadi lebih profesional.
      Ada pula guru/instruktur mengatakan pijat itu susah, harus ada keturunan, harus berlatih tenaga dll yang ujung-ujungnya membikin orang susah untuk mempelajari ilmu pijat, sehingga membuat kita merasa susah untuk mempelajari ilmu pijat karena dari awal sudah set up pola pikir / mindset untuk susah mempelajarinya.
      Kesimpulannya : pandai-pandailah dalam memilih guru/instruktur pijat.

      Kog bisa begitu ? Itu pasti akan Anda tanyakan.

      Karena ilmu pijat adalah ilmu praktek bukan teori atau melihat saja. Semakin sering dan banyak seseorang mempraktekkan ilmu pijat dalam kehidupan sehari-hari maka ia akan menjadi lebih mahir (perumpamaan nya sama dengan pisau yang diasah tiap hari maka ia akan menjadi lebih tajam).

      Semoga penjelasan ini ada manfaatnya.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat !

  17. rizal

    dimana tempat atau alamat belajar untuk menjadi terapis yang handal ya?.saya berminat untuk menjadikannya sebagai profesi sehari-hari.

    • Yth. Bapak Rizal yang baik,

      Jika Bapak Rizal berkenan, Bapak bisa belajar di Pijat Keluarga Sehat (untuk keterangan detail, bisa dilihat di halaman pertama “Belajar Pijat”).

      Selama ini, saya telah mengajarkan ilmu pijat praktis ini dengan metode “Quantum Pijat” ke lebih dari seribu orang, dalam waktu yang singkat, praktis. mudah, sederhana dan hasilnya bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk kepentingan pijat diri sendiri, pijat keluarga maupun untuk mencari rejeki (profesional).

      Alhamdullillah sudah banyak dari alumni yang belajar pijat di “Pijat Keluarga Sehat” yang berhasil dalam kehidupannya dari sebelumnya menganggur bisa bekerja secara mandiri serta halal sehingga mampu mencukupi kebutuhan keluarganya, dengan ilmu pijat bisa digunakan untuk membiayai kuliah secara mandiri, ada pula yang membantu sesama dengan ikhlas dan banyak manfaat lainnya.

      Semoga informasinya ini ada manfaatnya.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat !

  18. Mr. Z

    sekarang saya pengen tahu secara singkat cara pijat refleksi…

    • Yth. Mr. Z yang baik,

      Untuk mengetahui secara singkat cara pijat refleksi, bisa Anda lakukan dengan cara :
      – membeli buku pijat refleksi dan mempelajari serta mempraktekkannya
      – mengalami sendiri dipijat refleksi oleh terapist pijat refleksi di tempat pijat refleksi
      – belajar pijat refleksi di tempat yang mengadakan pelatihan pijat refleksi

      Selamat mencoba….

      Terima kasih atas pertanyaan dan kunjungannya ke blog ini.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat !

  19. mengapa pijat reflexsi harus d sertai ramuan

    • Yth. Bapak Juliansyah yang baik,

      Menurut pengalaman saya sendiri, pijat refleksi tidak harus disertai ramuan karena :
      – dengan dipijat saja asal profesional, badan orang sudah terasa segar dan rileks
      – tidak semua orang menyukai ramuan
      – kadang ini hanya efek plasebo saja
      – kadang si terapist pijat, ingin mendapatkan ulang lebih dengan menjual ramuan
      Moga informasi ini ada manfaatnya.

      Atas kunjungan ke blog ini, saya sampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat

  20. nanda

    suami saya seneng banget pijat refleksi. mohon dikirim via e-mail tentang teknik pijat refleksi. terima kasih.

    • Yth. Ibu Nanda yang baik,

      Mengenai teknik pijat refleksi bisa Ibu dapatkan dengan mudah dengan membeli banyak jenis buku tentang pijat refleksi di toko buku gramedia atau toko gunung agung. Disana terdapat banyak sekali buku-buku yg seperti Ibu inginkan. Dan selamat mencoba.

      Atas kunjungan ke blog ini, saya sampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat

  21. saly

    idealnya pijat refleksi dilakukan berapa kali dalam sebulan? apa efek jika terlalu sering melakukan pijat refleksi. trmksh

    • Yth. Bapak/Ibu Saly yang baik,

      Berdasarkan pengalaman sebernarnya tidak ada aturan harus berapa kali melakukan terapi pijat dalam waktu 1 bulan.
      Yang penting badan Anda merasa nyaman, rileks dan lebih sehat setelah dipijat itu saja dasarnya.
      Jika boleh disarankan sebaiknya pijat refleksi bisa dilakukan :
      – setiap minggu jika ingin menjaga kesehatan badan secara intensif, fit dan baik sekali atau
      – setiap 2 minggu untuk menjaga kesehatan secara baik atau
      – setiap 3 minggu untuk menjaga kesehatan secara sedang atau
      – sebulan sekali untuk menjaga kesehatan secara normal.

      Moga informasi ini ada manfaatnya.

      Atas pertanyaan dan kunjungan ke blog ini, saya sampaikan terima kasih.

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat ! 0819 3265 8331
      Blog Informasi Terapi Pijat Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat dan Bekam Pertama di Indonesia, Blog Pelatihan Terapis Pijat Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat Pertama di Indonesia

  22. salam maya…………

    bpak, bagaimana cara mijat yang enak? ato lebih gampangnya sya bertenaga ktika memijat?
    metode pijat seperti apa yang tidak bth tenaga besar tp bisa mengendorkan otot?

    • Menjawab pertanyaan saudara :
      Apa ada efek sampingnya jika kita melakukan pijatan telapak kaki kemudian kita salah menekan titik refleksinya?
      Menurut pengalaman saya, sebenarnya tidak terlalu bermasalah jika salah menekan titik refleksinya….cuma hasil yg pengobatan diharapkan tidak maksimal atau bahkan tidak terasa sama sekali. Paling hanya terasa ditekan-tekan saja.
      Saran saya : sebaiknya Anda belajar pijat reflexology praktis sehingga Anda bisa menekan titik2 reflexology dengan benar dan hasilnya bisa membantu sesama. Kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
      Salam hangat & sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat 0819 3265 8331
      Blog Informasi Pijat Sehat yang Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat, Bekam dan Ear Candle yang Pertama di Indonesia, Blog Pendidikan dan Pelatihan Terapis Pijat yang Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat yang Pertama di Indonesia Blog Kemitraan Bisnis Pijat Keluarga Sehat yang Pertama di Indonesia

    • Yth. Bapak Imam Kukuh yang baik,
      bagaimana cara mijat yang enak? ato lebih gampangnya sya bertenaga ktika memijat?Cara
      Bagaimanapun juga Bapak Imam tetap harus menjalani proses belajar pijat minimal pijat praktis dimana Anda akan diajarkan latihan olah fisik supaya tangan kuat memijat orang dalam waktu yang cukup lama, memahami posisi titik2 pijat beserta manfaatnya. Artinya semua ilmu itu termasuk ilmu pijat butuh proses dan banyak di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

      metode pijat seperti apa yang tidak bth tenaga besar tp bisa mengendorkan otot?
      Maaf semua metode pijat tetap butuh latihan fisik terutama di area tangan dan kaki serta butuh proses waktu dan tenaga untuk menguasainya.

      Moga info ini bermanfaat.
      Salam hangat & sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat 0819 3265 8331
      Blog Informasi Pijat Sehat yang Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat, Bekam dan Ear Candle yang Pertama di Indonesia, Blog Pendidikan dan Pelatihan Terapis Pijat yang Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat yang Pertama di Indonesia Blog Kemitraan Bisnis Pijat Keluarga Sehat yang Pertama di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 65 other followers

%d bloggers like this: