Mata indah belum tentu sehat. Lalu, bagaimana agar mata sehat lagi indah? Salah satunya dengan penekanan secara intensif beberapa titik tubuh yang berhubungan dengan saraf mata.

Filosofi pengobatan tradisional Cina menyatakan, suasana hati dapat mengendalikan fungsi mata. Sebaliknya, suasana hati yang sedang tidak baik dapat menyebabkan gangguan pada mata.

Menurut Iskandar AIi, praktisi pijat telinga dan mata, bila Anda terus memikirkan gangguan mata tetapi kesembuhan tak kunjung datang, Anda pasti akan bertambah sedih. Kesedihan itu tentu bakal memperkeruh suasana hati. Akibatnya, gangguan pada mata akan bertambah parah.

Dijelaskan Iskandar, gangguan mata bisa terjadi bila seseorang memiliki penyakit pemicunya. Sebut saja diabetes melitus, kolesterol tinggi, asam urat, gangguan fungsi lever, lambung, ginjal, serta gangguan psikologis.

Salah satu gangguan di atas pernah dialami Iskandar sendiri pada tahun 2000. Ia menderita penyakit kencing manis yang menyebabkan gangguan mata minus. Akupunturis yang berpraktik di Klinik Gaya Hidup Sehat ini lalu memeriksakan diri ke dokter. Ketika itu ia hanya diberi vitamin mata.

Namun, setelah beberapa kali perawatan, matanya tidak juga menunjukkan tanda-tanda perbaikan. “Saya pun bertanyatanya, apakah mata minus tak bisa disembuhkan?” katanya.

Kenyataannya, setelah rutin menjalani pemijatan di daerah mata serta minum ramuan herbal, mata Iskandar bisa kembali normal. la pun tak lagi menggunakan kacamata.

“Pengalaman itu lalu saya coba bagikan kepada pasien yang mengalami gangguan mata. Puji Tuhan, lewat pijat dan ramuan herbal, banyak pasien yang sembuh dari gangguan katarak, glaukoma, kebutaan akibat DM, hingga gangguan pada retina, juga mata minus dan berair,” tuturnya.

Ramuan Pegagan
Pengalaman lain dituturkan Sunyoto, warga Harapan Indah, Bekasi. la menderita mata minus sejak kanak-kanak. la pernah ditertawakan pegawai apotek, saat bertanya obat untuk mata minus. Sunyoto bare menyadari bahwa pengobatan medis belum mampu menghilangkan gangguan mata minus maupun plus.

Beruntung, ia bertemu dengan Iskandar Ali saat jalanjalan di Gajah Mada Plaza, Juni 2003 silam. Kebetulan Iskandar sedang pameran di gedung itu. Sunyoto dipijat dan diberi ramuan pegagan, daun sendok, mengkudu, dan temulawak dalam bentuk kapsul. Alhasil, mata minus 13-nya berkurang, kini tinggal minus 2.

Selain mengonsumsi obatobatan, pengobatan mata secara holistik dapat dilakukan dengan pemijatan di wilayah saraf mata, yakni di tangan, kaki, wajah, dan telinga. Pijatan itu bertujuan memperlancar aliran darah, mengendurkan saraf mata yang tegang, menyegarkan perasaan yang penat, dan membantu membuka sumbatan-sumbatan pada saraf mata.

Kata Iskandar lagi, sebelum melakukan pemijatan, ia selalu mendeteksi jenis penyakit mata lewat wajah dan telinga, serta riwayat penyakit pasien. Riwayat penyakit diperlukan untuk menyembuhkan penyakit pemicunya terlebih dahulu. Alasannya, penyakit itu adalah pangkal dari gangguan mata.

Jenis penyakit pemicu gangguan mata, katanya, antara lain DM, kolesterol tinggi, dan gangguan ginjal. Hendra Priantono

PEMIJATAN DI WILAYAH MATA ATAU WAJAH

Selain menyembuhkan gangguan mata, pemijatan di wilayah mata atau wajah bisa membantu meredakan gangguan kesehatan lainnya.

1. Untuk memperbaiki kerja lambung
Pemijatan dilakukan dengan cara mengurut wajah (di bawah mata) ke arah luar.

2. Untuk memperbaiki kerja ginjal
Pemijatan dilakukan dengan cara mengurut wajah (di bawah mata) ke arah luar.

3. Untuk memperbaiki kerja hati
Pemijatan dilakukan dengan cara menekan-nekan hidung bagian atas.

4. Untuk gangguan glukoma
Pemijatan dilakukan dari titik yang bersangkutan ke arah samping pelipis. Lama pemijatan 5 menit.

5. Untuk gangguan mata minus atau plus
a. Pemijatan dilakukan mengikuti arah anak panah. Lama pemijatan 5 menit.
b. Pemijatan dilakukan dengan cara menekan-nekan bagian mata. Lama pemijatan 5 menit.
c. Pemijatan dilakukan dengan cara mengepalkan tangan, kemudian mengurut bagian mata sesuai anak panah. Lama pemijatan 5 menit.

6. Untuk menurunkan kelopak mata
Pemijatan dilakukan dengan cara meletakkan permukaan telapak ibu jari di dekat hidung dan menekan titik tersebut dengan ujung ibu jari selama 3-4 menit.

7. Untuk gangguan mata katarak
Titik 3 dan 4 dicubit dan ditarik-tarik ke atas.
Lakukan sebanyak 20 kali. Titik 1,2,5 dan 6 ditekan atau dipijat sebanyak 30 kali.

Sumber: Senior

About these ads