Tehnik Pijat Altenatif

Capek dan penat yang dirasakan tubuh adalah akibat penumpukan asam laktat atau asam susu di dalam otot. Asam laktat dihasilkan tubuh saat beraktivitas. Jadi selain menghasilkan energi, tubuh juga menghasilkan zat sisa, yaitu asam laktat. Tumpukan asam laktat ini secara fisik dapat terlihat pada otot-otot tubuh yang kaku dan tegang, seperti pada otot leher, pundak, lengan dan sebagainya. Secara alamiah, istirahat atau tidur dapat mengendurkan ketegangan otot tersebut, tapi dengan dipijat, prosesnya dapat dipercepat.

Walau biasanya kita sudah cukup puas memakai jasa Mbok Pijat, tak ada salahnya mencoba teknik pijat yang lain. Ada pijat siatsu, refleksi, aromaterapi, bahkan pijat dengan batu panas (stone massage). Masing-masing tentunya punya ciri dan keistimewaan.

STONE MASSAGE

“Teknik pijat ini disarankan untuk orang-orang yang sering sulit tidur dan kelelahan,” tutur Asmi dari Gaya Spa. Pijat ini menggunakan batu khusus yang telah dipanaskan atau istilahnya stone massage. Batu ini didatangkan dari Cina dan sangat halus, sehingga tidak melukai kulit. Sebelum digunakan, batu tersebut dipanaskan terlebih dahulu sekitar setengah jam dengan menggunakan tungku khusus.

Beberapa batu diletakkan di titik-titik tertentu tubuh, seperti wajah, kaki, paha, punggung dan sebagainya. Kemudian sebuah batu yang lebih besar digunakan dengan cara ditekan-tekan ke seluruh tubuh. Tidak terasa panas tapi sekadar hangat. Fungsinya adalah memperlancar peredaran darah. Kehangatannya akan menyebar dan tubuh terasa segar kembali setelahnya

AROMATERAPI YANG NYAMAN

Aromaterapi termasuk salah satu cara menyegarkan tubuh yang paling digemari belakangan ini. Banyak one day spa yang menawarkan paket aromaterapi dengan harga terjangkau. Proses pemijatannya sebagai berikut: Anda dibawa masuk ke sebuah ruang khusus. Di dalam ruang itu Anda bisa relaks dengan menghirup kesegaran aroma yang diinginkan.

Aroma yang ditawarkan antara lain aroma jasmine, lavender, rose dan sebagainya. Setelah itu Anda dipijat menggunakan massage oil dengan aroma yang sama. Teknik pemijatan dilakukan dengan cara mengusap lembut namun berulang-ulang satu per satu bagian tubuh yang bertujuan untuk melemaskan otot-otot kaku. Bagian tubuh yang lebih kaku akan diusap lebih kuat dan lebih lama.

Selesai dipijat, Anda dipersilakan berendam dalam bathtub yang telah diberi bath foam dengan aroma yang Anda inginkan, biasanya ditawarkan juga tambahan susu atau garam mandi untuk menghaluskan kulit dan memperlancar peredaran darah. Setelah selesai dipijat dan menghirup aromaterapi, peredaran darah akan lebih lancar, otot-otot yang tegang jadi santai, dan badan serta pikiran jadi lebih fresh

REFLEKSI KAKI

Telapak kaki menyimpan titik-titik ujung saraf yang terhubung dengan bagian penting dari tubuh, seperti jantung, saraf-saraf di kepala dan sebagainya. Pemijatan pada titik-titik tertentu di kaki dapat meningkatkan vitalitas, menambah energi, bahkan menyembuhkan beberapa penyakit. Teknik pemijatan ini disebut pijat refleksi. Pijat refleksi sudah sangat tua umurnya, bahkan sudah dilakukan jauh sebelum masehi di Mesir dan kemudian dikembangkan di Cina.

Pada prinsipnya tubuh manusia dibagi dalam 10 zona yang terhubung satu dengan yang lainnya. Pemijatan pada satu bagian di kaki dapat berpengaruh pada organ tubuh lain yang terletak dalam satu jalur. Pijat refleksi harus dilakukan dengan teknik yang tepat di titik yang tepat pula. Bergeser sedikit saja, bisa jadi efek yang didapat tidak sama atau bahkan bertolak belakang.

SIATSU KURANGI STRES

Pijat siatsu berasal dari negeri sakura. Secara harafiah “shi” artinya jari dan “tsu” berarti tekanan. Awalnya siatsu adalah pengobatan untuk mempercepat penyembuhan dengan cara meremas dan menekan beberapa titik penting dalam tubuh yang lebih dulu dilakukan Bangsa Cina kuno. Siatsu kemudian diadopsi untuk meningkatkan kesegaran tubuh dengan memanfaatkan teknik yang sama. Intinya adalah menekan beberapa titik penting dalam tubuh, seperti titik antara ibu jari dan jari tengah untuk menghilangkan rasa pusing, titik di tengah telapak tangan yang merupakan pusat rasa cemas untuk mengurangi stres dan sebagainya.

Secara umum siatsu dipercaya bermanfaat untuk:

* Mengurangi stres
* Menghilangkan pusing
* Meningkatkan kesegaran tubuh
* Menyembuhkan beberapa penyakit

Dikutip dari : http://www.tabloid-nakita.com

Categories: Pijat Altenatif | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: