KEPEDULIAN TERHADAP STROKE

Suatu center kesehatan baru sebagai upaya bersama hari ini akan diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI, dr. A. Suyudi, di Jakarta. Center itu lengkap dengan pelayanan oleh para dokter spesialis, dokter ahli, dokter umum, dokter gigi, dokter mata, dokter ahli kandungan, para perawat, serta para ahli terapi yang bekerja sama dalam suatu koordinasi yang terpadu. Upaya ini yang dilakukan oleh center ini merupakan upaya untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit, utamanya stroke, yang jumlahnya makin marak di Indonesia. Upaya itu adalah upaya hidup sehat untuk semuaSuatu center kesehatan baru sebagai upaya bersama hari ini akan diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI, dr. A. Suyudi, di Jakarta. Center itu lengkap dengan pelayanan oleh para dokter spesialis, dokter ahli, dokter umum, dokter gigi, dokter mata, dokter ahli kandungan, para perawat, serta para ahli terapi yang bekerja sama dalam suatu koordinasi yang terpadu. Upaya ini yang dilakukan oleh center ini merupakan upaya untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit, utamanya stroke, yang jumlahnya makin marak di Indonesia. Upaya itu adalah upaya hidup sehat untuk semua.

Upaya ini menjadi sangat khusus karena dilakukan oleh suatu yayasan nir laba, yaitu oleh Yayasan Stroke Indonesia. Upaya itu sekaligus merupakan bagian dari pelaksanaan empat fungsi utama dari Yayasan yang bergerak dalam bidang stroke itu. Keempat fungsi utama itu adalah memberikan bimbingan dan bantuan tehnis medis kepada kegiatan penanganan stroke dan pelayanan medis dalam suatu rangkaian pelayanan yang terpadu. Fungsi lainnya adalah memberikan dukungan kepada upaya pemberdayaan masyarakat, melakukan kerjasama dengan Pemerintah dan lembaga-lembaga lain serta melakukan berbagai upaya penelitian dan pengembangan.

Untuk melaksanakan keempat fungsi itu Yayasan Stroke Indonesia telah mengembangkan tiga program, yaitu program pencegahan bahaya penyakit stroke, program kuratif penanggulangan dan rehabilitasi akibat penyakit stroke, yaitu dengan membangun Nusantarra Stoke and Medical Center, serta program penelitian dan pengembangan bahaya penyakit stroke di Indonesia.

Program khusus pengembangan center itu merupakan suatu program yang dapat dianggap sebagai program utama yang mempunyai fungsi ganda karena dari padanya diharapkan dapat dikembangkan model-model serupa di tempat lain di kemudian hari. Program ini sekaligus merupakan model dimana pengembangan centernya sendiri merupakan prakarsa yang didukung oleh berbagai lembaga maupun oleh berbagai perorangan dan lembaga lainnya. Pengembangan stroke dan medical center itu merupakan partisipasi aktif banyak kalangan.

Memang, tidak dapat dihindari bahwa bangsa kita dalam ulang tahunnya yang ke 57 tahun ini, biarpun masih agak terpuruk tetapi telah termasuk sebagai salah satu negara yang makin maju dan makin urban. Sifat dan tingkah laku masyarakatnya juga makin modern, penduduknya makin tua dan cenderung makin banyak yang terkena penyakit yang umumnya disandang oleh masyarakat modern lainnya.

Kalau dulu biasanya penduduk hanya berusia sampai 45 ? 50 tahun saja, kini rata-rata usia mereka sudah mencapai lebih dari 65 tahun. Di Indonesia sudah ada beberapa propinsi yang usia penduduknya rata-rata sudah mencapai 70 tahun atau lebih. Dalam kondisi seperti itu kebutuhan pemeriksanaan kesehatan untuk melindungi diri dalam jangka yang demikian panjang menjadi kebutuhan mutlak yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kebutuhan itu menjadi sangat vital karena banyak penduduk yang semasa mudanya telah bekerja keras dan ingin menikmati hari tuanya dalam kebahagiaan dan kesejahteraan yang optimal.

Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama menyiapkan jaringan yang mampu memberikan perlindungan kesehatan yang vital itu lengkap dengan unit pencegahan yang profesional. Sebagai upaya bersama, center itu merupakan satu bagian dari rangkaian jaringan yang ditujukan untuk mempermudah setiap penduduk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sangat mereka butuhkan. Pelayanan kesehatan yang diberikannya adalah untuk melindungi kesehatan supaya tetap prima, mencegah kemungkinan timbulnya berbagai penyakit, memberikan pelayanan medis dan rehabilatasi berbagai penyakit, termasuk dan utamanya stroke, secara profesional dan terpadu.

Untuk memberikan pelayanan yang profesional diharapkan dimasa depan center itu dapat memberikan pelayanan yang terbaik dengan menganut falsafah mengutamakan pasien. Kepada para pasien tidak saja harus diberikan pelayanan medis yang dibutuhkannya, tetapi juga ditingkatkan kesadaran dan pengetahuannya untuk menganut pola hidup sehat dengan perlindungan, pencegahan, dan apabila perlu dengan pengobatan dan rehabilitasi penyakit, utamanya stroke. Dengan penanganan sedemikian itu masyarakat bisa menjadi advokator yang profesional dan atau menjadi agen-agen penyebar luasan pola hidup sehat yang dibutuhkan oleh bangsa yang besar ini. Dengan demikian center ini dapat menjadi suatu pusat unggulan yang dihormati karena memberikan pelayanan paripurna yang profesional.

Center dan seluruh stafnya harus bisa berusaha menjadikan masyarakat bukan takut stroke, tetapi justru akrab dengan stroke dan berusaha menganut pola hidup sehat untuk menghindarinya, yaitu menganut pola hidup sehat tanpa resiko stroke, misalnya dengan tidak merokok, makan makanan yang rendah kolesterol, dan apabila mengidap penyakit darah tinggi, atau diabetes, dapat melakukan kontrol terhadap penyakit itu dengan baik dan rajin.

Sebagai pusat unggulan for healthy life center yang baru itu harus bisa menjadi pusat informasi tentang epidemiologi dan kejadian stroke, baik di tingkat rumah sakit, tempat pelayanan kesehatan lainnya, maupun pada kalangan masyarakat yang lebih luas. Karena itu pusat unggulan ini harus banyak bergerak dalam bidang kajian penelitian dan pengembangan tentang peningkatan kesehatan pada umumnya dan khususnya penanggulangan stroke yang berbasis pada masyarakat dengan sifat yang komprehensif.

Untuk itu para dokter dan tenaga pendamping lainnya diharapkan bisa bekerja ekstra keras. Disamping memberi pelayanan yang terbaik untuk setiap penderita, atau untuk setiap orang yang ingin memelihara kesehatannya dengan baik, dan bebas stroke, mereka harus bisa memberikan waktu yang cukup untuk memberi informasi kepada para pasien serta melatih tenaga medis dan para medis yang handal untuk melengkapi jaringan yang lebih luas di seluruh Indonesia.

Tenaga-tenaga yang dilatih itu harus mampu dan bisa ditempatkan pada unit-unit gawat darurat di rumah sakit dan mampu memberikan pelayanan yang profesional pada periode golden period yang berarti kehidupan itu. Center juga harus sekaligus mampu mencetak tenaga-tenaga yang bisa memberikan pelayanan homecare yang profesional bagi para penderita stroke agar mereka yang terkena penyakit yang sangat menakutkan ini dapat menikmati hidup yang sejahtera dan penuh arti.

Keseluruhan upaya ini harus dapat dipadukan dengan baik sehingga dibawah koordinasi dan fasilitasi pemerintah, mereka yang tergabung dalam Yayasan Stroke Indonesia dapat memberikan sumbangan untuk Nusa dan Bangsa yang sedang membangun ini dengan bermakna.

Kelengkapan yang menakjubkan

Melirik sepintas pelayanan yang dapat diberikan dalam center ini, dr. Mulyono yang menjabat Direktur Utama Center yang baru ini menjamin bahwa para pasien akan merasa puas. Center ini dilengkapi dengan fasilitas yang sejuk dengan peralatan canggih yang paling mutakhir. Dokter-dokter spesialis saraf, yang memang menjadi andalan dari pusat kesehatan itu, dalam jumlah yang memadai membuka pelayanan secara bergantian. Dokter ahli jantung, dengan peralatan yang mutakhir, setiap hari setiap jam berada di tempat pelayanan ini. Ruang-ruang konsultasi mereka dilengkapi dengan peralatan modern dengan jumlah dan variasi yang memadai, sehingga tidak diragukan lagi para pasien akan mendapat pelayanan yang sangat memuaskan.

Disamping itu ada pula dokter-dokter ahli penyakit dalam, spesialis bedah, kebidanan dan kandungan, anak, THT, mata, kulit kelamin, dokter gigi dengan berbagai jenis spesialisasinya, dan dokter umum senior, radiologi, laboratorium klinik, patologi anatomi yang secara terpadu melayani berbagai keperluan pasien yang memang dijadikan perhatian utama di pusat pelayanan kesehatan yang serba lengkap tersebut.

Klinik ini dilengkapi juga dengan fasilitas istimewa rehabilitasi medis lengkap dengan peralatan mutakhir dan tenaga-tenaga terampil yang sudah teruji keahliannya di beberapa pusat rehabilitasi yang ada sebelumnya. Tenaga-tenaga terampil itu bekerja keras dan seksama dibawah pengawasan dokter spesialis yang selalu siap membantu dan membekali pasien dan keluarganya yang biasanya datang bersama-sama ke fasilitas pelayanan tersebut.

Sebagai kelengkapan lain terdapat juga apotik yang melayani kebutuhan akan obat-obatan yang diperlukan dalam pelayanan yang serba lengkap tersebut. Secara keseluruhan biarpun baru dibuka hari ini, nampaknya ?stroke and medical center? ini akan menjadi suatu idaman baru untuk memuaskan pasien dan model yang dapat ditiru di tempat lain untuk melengkapi jaringan yang memudahkan bangsa Indonesia tetap sehat dan bugar menyongsong masa depan yang lebih gemilang.

Dengan adanya kelengkapan itu maka dengan mudah center ini bisa memberikan pelayanan medical check-up yang lebih paripurna kepada mereka yang mempunyai resiko terkena stroke atau eksekutif-eksekutif muda yang sibuk lainnya. Pelayanan medical check up ini, menurut pimpinannya, dapat diatur secara perorangan maupun berkelompok sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Rawan Stroke

Masyarakat luas itu harus memahami secara mendalam bahwa serangan stroke memang bisa terjadi pada orang-orang dengan ciri tertentu yang tidak bisa atau sukar diubah atau diperbaiki oleh setiap individu sendiri, misalnya biasanya terjadi pada penduduk usia relatip tua. Makin tinggi usia makin tinggi resikonya. Serangan stroke di negara maju terjadi pada penduduk diatas usia 65 tahun. Tetapi penduduk usia muda yang terkena serangan stroke juga bertambah banyak. Umumnya kaum pria lebih banyak terserang stroke. Ada juga kecenderungan penduduk yang berasal dari keluarga yang pernah terkena serangan stroke mempunyai resiko terkena serangan stroke. Para penderita diabetes mempunyai resiko lebih tinggi terkena serangan stroke.

Disamping ciri-ciri yang relatip sukar diperbaiki itu, ada banyak keadaan yang dapat diperbaiki dan atau diobati sebagai upaya mengurangi resiko terkena serangan stroke. Hal-hal yang bisa dicegah atau anjuran yang dapat diikuti itu antara lain misalnya pengobatan yang teratur untuk mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi atau hypertensi. Perhatian yang tinggi terhadap mereka yang mempunyai penyakit jantung atrial fibrillation (AF), yaitu jantung dengan denyut yang sangat tinggi. Mereka yang mengidap penyakit jantung koroner dan kolesterol tinggi. Mereka yang tidur ngorok ? Apnea. Tidur ngorok bisa merupakan indikasi penyebab gangguan jantung dan atau stroke. Dan mereka yang mempunyai pengalaman pernah stroke.

Oleh karena itu, pembukaan pusat stroke dan medical center Nusantara di Jakarta ini kiranya akan meningkatkan gerakan peduli stroke untuk menganjurkan dan mengusahakan agar setiap orang menganut pola hidup sehat sejahtera dengan antara lain tidak merokok, mengurangi atau sama sekali tidak minum minuman keras, mencegah kegemukan dan berolah raga secara teratur.

Periode Emas yang Harus Diikuti

Dalam menangani stoke harus sangat diperhatikan bahwa apabila seseorang mendapat serangan ?stroke? artinya orang tersebut mendapat ?serangan pada otak?. Artinya, stroke adalah serangan pada otak, bukan serangan pada jantung. Setiap orang harus disadarkan bahwa ?otak? adalah bagian yang paling penting dalam tubuh manusia, bagian yang paling berkuasa, dan bagian yang paling menentukan kehidupan manusia, tetapi sekaligus juga merupakan bagian yang lemah dan sangat tergantung pada bantuan yang terus menerus secara teratur dari berbagai sistem lainnya. Kerusakan pada otak mempunyai akibat yang fatal, yaitu kematian atau cacat yang tidak dapat disembuhkan. Karena itu serangan pada otak harus ditanggapi sebagai gangguan medis yang sangat gawat dan sangat darurat. Karena keadaan darurat dan gawat medis banyak yang yakin bahwa pelayanan medis itu banyak manfaatnya kalau dilakukan selama tiga atau enam jam sejak terkena serangan stroke. Bagi penderita stroke waktu adalah otak, dan waktu adalah kehidupan.

Dengan komitmen yang demikian tinggi dan dukungan yang makin kuat, serta dengan limpahan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, mudah-mudahan kita bisa hidup sejahtera bebas dari ancaman stroke. (Prof. Dr. Haryono Suyono, Wakil Ketua Umum Yayasan Sroke Indonesia). ?

Stroke-2892002.

Sumber : http://www.yastroki.or.id/read.php?id=19

Advertisements
Categories: terapi penyakit | 1 Comment

Post navigation

One thought on “KEPEDULIAN TERHADAP STROKE

  1. terima kasih info yang bermanfaat ini. salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: