Perempuan Menopause Rentan Terkena Jantung Koroner

Penulis: Wika

JAKARTA–MI: Perempuan yang sudah menopause berIsiko terkena penyakit jantung dan stroke dua sampai tiga kali lebih besar daripada mereka yang belum menopause. Perbandingan antara perempuan yang sudah menopause dan laki-laki, yang mempunyai risiko penyakit jantung dan stroke adalah 1:1.

Hormon esterogen ternyata dapat melindungi perempuan dari risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke. Dokter Amiliana Mardiani Soesanto SpJP, mengatakan hormon esterogen dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke.

Pada perempuan yang sudah menopause, kadar esterogen dalam tubuhnya menurun. Hal inilah yang kemudian menyebabkan perempuan yang sudah menopause memiliki risiko lebih tinggi daripada mereka yang belum menopause.

Risiko ini sebanding pada pria, yang kadar esterogen dalam tubuhnya hanya sedikit, sehingga perlindungan terhadap pembuluh darah menjadi lebih sedikit.

Menopause, sedikit banyaknya kadar esterogen dalam tubuh, atau bahkan faktor keturunan memang tidak bisa dihindari. Namun pencegahan dan pengontrolan bisa dilakukan. Di luar faktor-faktor yang tidak bisa dihindari tersebut, faktor-faktor seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, kegemukan atau obesitas, kolesterol, dan kadar gula darah, juga bisa memperbesar risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke.

Menurut data Yayasan Jantung Indonesia (YJI), setiap tahunnya 8,5 juta kematian perempuan di dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Sedangkan tiga juta kematian perempuan disebabkan oleh serangan stroke.

Dalam acara Talk Show Go Red for Women di Jakarta, Jumat (22/2) yang diselenggarakan oleh YJI dalam rangka kampanye kesehatan jantung untuk perempuan ini, beberapa pembicara hadir seperti Hj Tatiek Fauzi Bowo, Prof DR Miranda S Goeltom, Dra Psi A Ratih Ibrahim MM, dr Amiliana, Svida Alisjahbana, dan Susan Bachtiar, membagikan kiat-kiat untuk hidup sehat bagi para ibu rumah tangga dan wanita karier.

Semua pembicara tersebut sepakat bahwa olahraga merupakan faktor penting dalam menjaga hidup tetap sehat. Dalam segala situasi dan kondisi, sempatkan diri untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

Seperti misalnya Miranda S Goeltom yang selalu menyempatkan diri untuk berlari di pagi hari atau hanya sekadar naik-turun tangga. Atau melompat-lompat hingga terasa lelah.

“Dalam hidup kita harus seimbang. Seimbang antara apa yang masuk (makanan) dan aktivitas fisik kita, olahraga, seimbang antara bekerja dan istirahat atau rileksasi. Rileksasi juga dibutuhkan untuk menjaga agar pikiran kita tetap positif dan tidak stres,” kata Miranda.

Susan Bachtiar, juga menuturkan kehidupannya yang jauh dari rokok, selalu menjaga asupan makanan dan olahraganya, serta menjaga pikiran agar tidak stres. “Saya selalu menyempatkan diri untuk tidur ketika di perjalanan, membaca, atau mendengarkan musik,” kata duta Go Red for Women itu.

Untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke ini, YJI juga menghimbau masyarakat, khususnya perempuan untuk melakukan Panca Usaha Jantung SEHAT, yaitu, Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hindari dan atasi stres, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolahraga. (*/OL-03)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/berita.asp?id=160384

Advertisements
Categories: terapi penyakit | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Perempuan Menopause Rentan Terkena Jantung Koroner

  1. dokter Anis

    Tambahan info,
    Ada terapi kedokteran yang disebut dengan terapi khelasi EDTA (EDTA chelatin

    therapy) yang dapat mencegah / menyembuhkan penyakit jantung

    koroner. Silahkan baca juga buku yang berjudul Bypassing Bypass Surgery karya dr

    Cranton.

    Salam,

    Anis.

    Blog:
    WordPress.com
    Blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: