10 Tip Sehat di Kantor

Hindari ngemil, berjalanlah pada waktu makan siang, bersihkan perangkat computer…Maka anda menuju sehat…

5 hari..8 jam bekerja di depan computer, membuat tubuhmu letih. Mulai dari menghindari mata lelah, sindrom kekakuan pada leher, Ahli dari Web MD wight Loss Clinic memberi 10 tip untuk menjaga kesehatan dan stamina pada saat bekerja .

1. Minum air putih yang cukup..sehari kira-kira 8-10 gelas…akan membuatmu terhindar dari dehidrasi.
Dari makanan dapat diperoleh di jeruk, anggur, semangka, apel.
Biasanya pada jam 3 sore kita mulai merasakan dehidrasi. Tetapkan target : sebelum makan siang minum sebanyak 4 gelas, jam 3 sore 3 gelas, dan jam 5 sore sebelum pulang kerja 2 gelas.Tips lain … set komputermu untuk mengingatkan kapan waktu-waktu untuk minum jelas Dawn Jackson.
2. Menaruh snack untuk menemani bekerja sangat menyenangkan, namun tentu akan menambah kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan sehingga lama kelamaan akan membuat berat badanmu naik.
Dawn Jackson (Dietitian & pembicara Perkumpulan Dietetik Amerika Serikat) berkata “ Jangan dilihat, jangan dibayangkan…maka pada saat kau melewati meja rekan kerjamu yang menyimpan snack…. kau tidak akan tergoda.” “ Berhenti sejenak untuk mengambil nafas dan tidak memakan snack. Jika lapar, silakan untuk memakan buah seperti buah cherry atau anggur..”
“3 dari 5 orang Amerika mengalami obesitas, ini menunjukkan bahwa lebih dari 1 orang di kantormu yang melakukan diet..” jelas Dawn Jackson.
“Di beberapa kantor, orang-orang yang hendak menurunkan berat badan akan mengganti snack mereka dengan sesuatu yang lebih sehat yaitu buah..” kata Dawn Jackson.
3. Makan siang yang sehat baik dari cara penyajian maupun jumlahnya sangat penting untuk melakukan diet dan menjaga kesehatan.
Makan siang yang sehat dan porsi yang sesuai sangat berkaitan… karena seharian bekerja dan duduk di depan computer tidak terlalu banyak membakar kalori. Seringkali bukan berasal dari makan siang yang tidak sehat melainkan tidak banyak melakukan kegiatan yang dapat membakar kalori …inilah yang membuat gemuk.
Contoh lainnya.. bukan berarti Pizza buruk…hanya saja.. tentunya kita akan makan 2-3 potong…namun lebih baik dikombinasikan..yaitu makan 1 potong dan sisanya salad sebagai sayurannya..
4. Salah satu factor penting untuk menjaga kesehatan dan staminamu adalah dengan berolahraga.
Salah satu caranya adalah jalan-jalan pada saat break makan siang, selain membakar kalori, juga meredakan stress dan penyegaran sesaat setelah bekerja.
Jackson juga menyarankan untuk mempunyai rekan yang dapat memaksamu tetap berjalan meskipun kau berkata sangat sibuk. Jika ini belum berhasil.. parkirlah agak jauh sehingga sebelum dan setelah bekerja kau sudah melakukan olahraga.. Atau buatlah kebiasaan baru..dengan naik tangga bukan lift…
5. Tention Neck Syndrom (TNS) atau biasa kita sebut..kaku di sekitar leher…ini terjadi karena leher kita berada di posisi yang salah dan dalam jangka waktu yang lama..Menurut National Institute of Environmental Health Sciences ini terjadi pada pekerja yang biasa mengetik terlalu lama dan yang selalu berhubungan dengan telephone..seperti..telemarketer, front office dan lain-lain..
Alan Hedge (professor of ergonomics at CornellUniversity ) berkata.. “pastikan leher tidak terlalu miring..karena TNS akan meyebabkan kekakuan pada otot leher dan bahu…jadi gunakanlah pengeras suara, headset pada saat telephone”…….
Solusinya adalah dengan melakukan stretching selama 5-10 menit setiap 2 jam sekali. Stretching bisa dilakukan sambil duduk maupun berdiri. Lakukan gerakan-gerakan seputar leher, pundak, lengan serta pinggang.
6. Mata lelah salah satu sindrom yang terjadi pada pengguna computer.
Menurut University of California di Davis, mata lelah dapat menyebabkan pusing,hilang konsentrasi dan juga silau.
Untuk mencegah mata lelah.. Hedge, (WebMD)…jarak antara mata dan layar harus selebar lengan…. anda akan merasa nyaman dan tanpa harus mengerutkan mata untuk membaca. Jika anda tidak dapat membaca pada jarak aman tersebut..yang harus dilakukan adalah perbesar ukuran hurufnya..
7. Selain itu hindari Kepenatan…
Kramer menjelaskan.. proyek yang harus selesai tepat waktu..terlalu focus pada pekerjaan juga menurunkan kekebalan tubuh..namun ini biasanya tidak disadari sampai pada suatu saat stress meningkat dan akan merusak mood atau perasaan kita dan persahabatan…
Ini merupakan contoh stress lain biasanya disebut juga dengan kelelahan…yang berpengaruh pada system kekebalan tubuh, susah tidur, dan sulit untuk berkonsentrasi..
Solusinya adalah: sering-sering menarik napas panjang dan teratur. Jika perlu keluar sebentar, hirup udara segar, tarik napas panjang dan isilah paru-paru anda dengan oksigen. (udara ruangan ber-AC biasanya lebih lembab dan tidak sehat)

8. Tips ini yang paling disenangi untuk menjaga kesehatan kerja…yaitu…BERLIBUR…
Jonathan Kramer (clinical psychologist and president of Business Psychology Consulting) berkata.. Berlibur sangat penting untuk dilakukan…..tentunya akan mengembalikan staminamu sepertinya kita baru mengganti baterai pada tubuh kita…Liburan akan membantumu melepaskan stress…dan melepaskan lelah…terutama pada saat tidak sepaham dengan bosmu..teman kerjamu…ataupun dengan tenggat waktu proyek-proyekmu…
Kramer juga menjelaskan…stress dapat membuatmu kehilangan kekebalan tubuh, meningkatkan resiko terserang penyakit,…jadi minimalkan penyebab tersebut…yaitu dengan cara BERLIBUR…
9. Keyboard, Mouse,dan telephone merupakan salah satu tempat bakteri dan virus berada dan dapat membuatmu sakit..…Maka bersihkanlah…
Menurut Science Daily,100th General Meeting of the American Society for Microbiology, Virus dapat bertahan lebih dari beberapa jam..bahkan berhari-hari…dan menempel pada permukaan suatu benda..Pada permukaan telephone dapat dijumpai virus diare yang dapat menular secara cepat apabila telephone tersebut digunakan beramai-ramai…
Untuk membersihkannya…, the National Consumers League menyarankan untuk menggunakan desinfektan yang dapat disemprotkan pada telephone dan sudah terjamin dapat mematikan virus tersebut dan sudah terdaftar.
10. Apa yang paling penting untuk menjaga kesehatan kerja?…
Makan siang ala HEALTHFREAKS…tentunya….. Karena Healthfreaks mengandung gizi seimbang, banyak serat dari sayuran & buah-buahan, protein nabati & hewani, vitamin & mineral, karbohidrat dengan glychemic index rendah serta non-transfat oil.

Intinya adalah….”untuk menjaga kesehatan adalah kesadaran diri”
Kenali dirimu…batas kemampuanmu untuk melakukan pekerjaanmu….Tahu kapan harus istirahat…kapan harus melakukan liburan…dan juga berolahraga untuk menjaga kesehatan jasmani maupun rohanimu… di tempat kerja…dan juga di rumah…

Sumber : http://www.healthfreaks.info

Categories: tip sehat | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: