Redakan Rasa Sakit dengan Terapi Bowen

suffolkbowentherapy.co.uk

suffolkbowentherapy.co.uk

SERING merasakan sakit otot? Jika tidak tahan dipijat, bowen therapy (terapi bowen) bisa menjadi pilihan Anda. Terapi yang dinamai sesuai dengan namanya penemunya (Tom Bowen) ini merupakan teknik penyembuhan holistik yang bekerja pada jaringan  penghubung lembut (fascia)  tubuh.

Terapi ini berfungsi mengatasi berbagai ganggun otot, tulang dan saraf termasuk cedera olahraga dan kondisi kronis lainnya. Terapi ini lembut, membuat Anda rileks, dan cocok untuk segala usia.

Respon tubuh yang terintegrasi

Terapi bowen bekerja pada jaringan penghubung lembut. Jaringan lembut ini merupakan bagian dari jaringan penghubung yang melapisi, memisahkan dan mempengaruhi organ dan jaringan di dalam tubuh. Jaringan penghubung ini mepunyai efek besar terhadap psikologi dan fungsi tubuh.

Selain meredakan rasa sakit, terapi ini juga dinyatakan efektif meningkatkan:

  • Peredaran darah
  • Aliran limfe atau cairan getah bening
  • Penyerapan nutrisi
  • Pengeluaran racun-racun
  • Mobilitas persendian
  • Postur
  • Normalisasi fisiologi sel dan penyatuan jaringan.

Prosedur

Terapi bowen berlangsung selama 30-40 menit. Pasien biasanya diminta berbaring di atas meja tertentu dan kadang-kadang diminta duduk di kursi jika terapis menganggap itu perlu. Terapi biasanya dimulai saat terapis menarik kulit ke belakang menjauh dari otot, kemudian menekan otot. Selanjutnya otot akan dilepaskan secara kasar, menghasilkan getaran seperti petikan senar gitar.

Terapi ini terdiri dari serangkaian gerakan kecil dengan tekanan yang bervariasi pada setiap bagin tubuh yang bermasalah. Terapi ini akan membuat Anda nyaman, terapis menggunakan tekanan yang ringan dan lembut di otot-otot.

Bowen bukanlah terapi yang berkelanjutan. Pada sebagian besar kasus, pasien sudah bisa merasakan perbaikan setelah mengikuti satu sesi terapi dan mengalami pemulihan setelah mengikuti tiga sesi. Akan tetapi, kondisi kronis atau cedera berulang kemungkinan memerlukan pengobatan tambahan.

Bukti ilmiah

Penelitian mengenai efek terapi bowen telah dilakukan baik secar formal maupun informal di berbagai lokasi di dunia.  Dr. Jo Anne Whitaker dari Bowen Research and Training Institute di Palm Harbor Florida telah melakukan percobaan terkontrol untuk  melihat efek terapi terhadap pasien penderita fibromyalgia (gangguan yang ditandai dengan rasa nyeri di seluruh tubuh).
Whitaker mengukur variasi detak jantung pasien (heart rate variability/HRV) sebelum dan setelah melakukan terapi. Whitaker juga memperhitungkan laporan dari pasien.

Whitaker menemukan bahwa pasien menunjukkan respon positif dalam sistem saraf autonomic. Hal ini, terang Whitaker, menunjukkan bahwa respon relaksasi dari pasien sangat signifikan. Selain itu, semua pasien yang terlibat dalam studi juga melaporkan pengurangan rasa sakit.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com

Advertisements
Categories: terapi penyakit | Tags: , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Redakan Rasa Sakit dengan Terapi Bowen

  1. wah sekarang teknik udah banyak dipake dalam bidan apa aja ya ?
    Gan mau nanya nih
    kalau teknik pemijatan kaya di artikel di atas itu masuknya teknik apaan sih?
    thx buat jawabannya.

    • Teknik yang Bowen membantu tubuh ingat bagaimana untuk menyembuhkan dirinya. Yang lembut namun kuat bergerak Bowen neurologis mengirim impuls ke otak menghasilkan respon langsung relaksasi otot dan mengurangi rasa sakit. Yang bergerak menciptakan lonjakan energi. Elektrikal impuls dikirimkan ke sistem saraf mengingatkan untuk mendapatkan kembali normal tubuh gerakan di sendi, otot dan tendon. Hal ini membantu meringankan kejang otot dan meningkatkan aliran darah dan getah bening.
      Teknik yang Bowen mempengaruhi tubuh terutama melalui saraf dan sistem bioenergetic, untuk membawanya ke suatu keadaan yang seimbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: