Pijat Refleksi

PIJAT refleksi sebenarnya juga sudah dilakukan orang sejak ratusan tahun yang lalu.  Sekarang diangkat lagi dijadikan pengobatan alternatif.  Ada dua cara pijat refleksi, melalui kaki atau tangan.  Biasanya pijat refleksi kaki lebih sering dilakukan karena ukuran telapak kaki lebih besar sehingga bagian2 syaraf yang bermuara di kaki lebih mudah untuk dipijat.

Syaraf kepala akan terrefleksi ke bagian ujung jari2 kaki, jadi kalau kepala yang sering pusing, pijat saja bagian2 ujung jari kakinya.  Syaraf mata, hidung, gigi dan bagian2 yang ada dikepala terefleksi di sekitar jari kaki, agak turun sedikit bagian leher, terus turun lagi bagian pundak, pernafasan, pencernaan, hingga alat reproduksi di bagian tumit kaki.

Pijat saja kaki  di bagian mana yang sakit, di situ pasti ada masalah.  Misalnya kalau kepala pusing, pijat saja ujung2 jari kaki, lebih utama lagi ujung ibujari kaki.  Ada bagian yang sakit ada pula yang tidak sakit, pijatlah agak keras di bagian yang sakit disitulah ada penyakitnya.

Kalau ada masalah dengan urusan reproduksi (misalnya susah punya anak) atau impotensi atau ada kista di indung telur pijat saja di bagian kaki sekitar tumit telusuri terus cari bagian yang paling sakit, tekan2 terus, setiap bagian tekan sekitar 5 menit pindah ke bagian yang lain.

Bagian kandung kencing, ginjal dan saluran kencing terefleksi di atas tumit persis di bawah mata kaki.  Bagian ini biasanya dipijat yang pertama kali, untuk sakit apapun, termasuk pusing darah tinggi hingga lemah syahwat.  Karena di bagian itulah banyak racun menumpuk.  bagian itu dipijat 5-10 menit untuk menghancurkan racun2 dan akan keluar melalui air kencing.  Biasanya orang yang habis dipijat refleksi, air kencingnya akan keruh, kuning kemerahan, tergantung seberapa besar racun yang sudah terkandung di dalam tubuh.  Dari ibujari kaki turun ke bawah hingga  tumit, itu adalah bagian kepala-tulang belakang hingga anus.  Keluhan Sakit kepala,  leher, pinggang dan anus, pijat saja di bagian ibujari hingga tumit.

Kalau rajin melakukan pijat refleksi, penyakit2 infeksi tenggorokan, pencernaan, hingga ambeien bisa dicegah.  Karena pijat refleksi ini dapat merangsang kerja syaraf, dan meningkatkan kerja hormon2 pertahanan tubuh.

Setelah dipijat refleksi, biasanya dianjurkan minum air putih, supaya racun2 yang sudah “dibongkar” tadi dapat keluar melalui keringat atau air kencing.

Selamat mencoba sendiri pijat refkesi ini…

Sumber : kesehatan.kompasiana.com

Advertisements
Categories: terapi pijat | Tags: , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Pijat Refleksi

  1. restu

    saya sedang belajar pijit refleksi, tapi saya mengalami kesulitan tuk mmahami mana titik-titik yang benar-benas pas. gimana solusinya pa’?

    • Yth. Bapak Restu yang baik,

      Solusinya sebaiknya Bapak restu belajar pijat reflexology kepada terapis pijat reflexology dimana Bapak akan diajarkan teori, titik reflexology, teknik tekan pada titik-titik reflexology.
      Atau Bapak bisa sms / call ke saya untuk memahami hal tersebut diatas…..

      Salam hangat dan sehat selalu,

      Pijat Keluarga Sehat ! 0819 3265 8331

      Blog Informasi Terapi Pijat Pertama di Indonesia, Blog Homecare Terapi : Pijat dan Bekam Pertama di Indonesia, Blog Pelatihan Terapis Pijat Pertama di Indonesia, Blog Konsultasi Bisnis Pijat Pertama di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: