Pijat Bagus untuk Mengobati Nyeri Punggung

(Foto: thinkstock)

(Foto: thinkstock)

Teknik pijat sudah dikenal lama oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai macam keluhan nyeri atau sakit. Kini studi menemukan bahwa terapi pijat bisa membantu mengurangi sakit punggung yang kronis.

Dalam studi ini diketahui pasien yang mendapatkan terapi pijat selama 10 minggu akan lebih sedikit menggunakan bantuan obat penghilang rasa sakit dan bisa beraktivitas lebih baik.

“Sekitar dua per tiga pasien yang mendapatkan terapi pijat memiliki kemajuan dalam beberapa hal dibandingkan dengan kelompok pasien yang mendapatkan perawatan biasa,” ujar Dr Richard A Deyo, ketua peneliti dari Oregon Health and Science University, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (6/7/2011).

Manfaat yang bisa didapatkan dari pijat adalah membantu sirkulasi tubuh dan posisi saraf menjadi lebih baik dan membuat orang menjadi lebih rileks sehingga hormon bahagia yang keluar bisa mengurangi rasa sakit.

Studi ini melibatkan 401 orang yang terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok yang mendapatkan perawatan terapi pijat struktural, kelompok dengan perawatan pijat relaksasi (pijat Swedia) dan kelompok dengan perawatan biasa.

Didapatkan sekitar 30 persen kelompok yang menerima pijat lebih sedikit menggunakan obat penghilang rasa sakit dan kelompok dengan perawatan biasa 2 kali lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat tidur. Hasil ini telah dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine.

Beberapa studi lain juga menemukan pengobatan alternatif seperti akupuntur, pijat atau terapi bicara bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan sakit punggung yang efektif.

Nyeri punggung biasanya diatasi dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, menggunakan bantalan panas untuk mengompres. Perawatan ini biasanya dilakukan jika tidak ada keluhan lain seperti mati rasa atau kesemutan di kaki.

Nyeri punggung merupakan keluhan paling umum yang bisa menimpa siapa saja. Gangguan ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti cedera, postur tubuh yang buruk, terlalu lama duduk, sedikit beraktivitas atau posisi yang tidak tepat saat mengangkat barang. Jika tidak ditangani dengan baik bisa membuat aktivitas seseorang terganggu, menimbulkan rasa ketidaknyamanan serta memicu kondisi serius lainnya.

Sumber : detikhealth

Advertisements
Categories: terapi pijat, tip sehat | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: