Pijat Refleksi Efektif Redakan Sakit Flu

 

 

 

 

 

 

 

Tentu setiap orang pernah mengalami sakit flu. Penyakit yang satu ini memang kerap menyerang, terutama saat terjadi perubahan cuaca yang tak menentu.

Penyakit flu disebabkan oleh virus RNA atau influenza, bersifat menular dan dapat menyerang saat daya tahan tubuh menurun.

Mengonsumsi vitamin C merupakan salah satu langkah efektif untuk mencegah dan meredakan penyakit ini. Namun ternyata ada cara lain yang tak kalah efektif untuk mengurangi gejala penyakit flu yakni dengan terapi pijat.

The Journal of Complimentary and Alternative Medicine mempublikasikan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa terapi pijat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mengatasi stres dengan lebih baik.

Studi ini dilakukan dengan membagi partisipan menjadi 2 kelompok, satu kelompok mendapatkan teknik terapi pijat sedangkan kelompok lainnya hanya mendapatkan sentuhan ringan yang tidak mencakup teknik terapi pijat.

Setelah 45 menit kedua kelompok diambil sampel darahnya lalu dibandingkan. Hasilnya, kelompok yang mendapatkan pijat teknik terapi pijat mengalami peningkatan yang signifikan dalam jumlah limfosit . Seperti diketahui sel darah putih ini memainkan peran besar dalam melindungi tubuh terhadap serangan penyakit serta menurunkan kadar hormon stres yang dimiliki.

Terapi pijat juga dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dan kesulitan bernapas, gejala umum yang terjadi saat flu menyerang. Kesulitan bernafas dapat terjadi setiap saat dan dapat menyebabkan suara menjadi kurang lepas atau bindeng. Bahkan pada sebagian orang, kesulitan bernapas akibat hidung tersumbat terjadi pada saat tidur, sehingga penderita tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Pijat refleksi merupakan cara yang tepat untuk membuka sumbatan pada sinus penyebab hidung tersumbat, namun tentu saja hanya bersifat meringankan gejalanya, bukan untuk menyembuhkan penyebab sinus itu sendiri.

Tak ada salahnya jika Anda mendapatkan terapi pijat secara teratur karena selain berguna untuk meredakan flu, terapi pijat juga berguna untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh lebih bugar. Perbanyaklah istirahat dan tambahkan multivitamin agar Anda terbebas dari penyakit flu. (DF/bee)

Source: http://duniafitnes.com/

Advertisements
Categories: terapi pijat, tip sehat | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: