Manfaat Dan Efek Positif Refleksologi

refleksiologi-kaki

Hasil penelitian menunjukkan bahwa refleksologi sangat efektif dan memiliki banyak manfaat baik untuk fisik maupun psikologis.

Hal ini diperkuat oleh hasil survei terhadap 170 penelitian tentang refleksologi di 21 negara.

Berikut adalah 9 manfaat yang bisa didapat dari refleksologi:

1. Relaksasi

Refleksologi memiliki efek untuk membuat rileks atau relaksasi, hal ini dibuktikan oleh 24 penelitian tentang refleksologi.

Relaksasi sudah mulai terlihat pada saat tangan refleksologis mulai bekerja. Ini dibuktikan oleh penelitian yang menggunakan EEG aktivitas otak.

2. Mengurangi Nyeri

Efek dari refleksologi yang bisa mengurangi nyeri ini didokumentasikan pada 27 penelitian termasuk penelitian yang menunjukkan dampak pada individu dengan berbagai usia dan kondisi kesehatan.

3. Mengurangi Masalah Kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa refleksologi membantu individu dari semua kalangan usia atas 78 masalah kesehatan, mulai dari perilaku agresif pada anak-anak sampai inkontinensia urin pada lansia.

4. Meningkatkan Aliran Darah

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa refleksologi bisa meningkatkan aliran darah ke kaki, otak, ginjal, dan saluran pencernaan.

5. Membantu Pemulihan Pasca Operasi

Refleksologi bisa membantu pemulihan sesudah operasi, menurunkan rasa sakit, dan mengurangi penggunaan analgesik post operasi.

6. Berdampak Positif terhadap Hasil Pemeriksaan Fisiologis

Refleksologi juga memiliki dampak positif terhadap pemeriksaan fisiologis seperti tekanan darah dan kolesterol, pengukuran EKG, EEG, dan MRI.

7. Bermanfaat untuk Kesehatan Mental/Psikologis

Sebanyak 11 penelitian menunjukkan bahwa refleksologi bisa mengurangi depresi, dan 9 penelitian yang lain menyimpulkan refleksologi bisa membantu menurunkan kecemasan.

8. Pelengkap Perawatan Kanker

Sebanyak 16 penelitian dari 7 negara menyimpulkan refleksologi bisa menjadi pelengkap dalam pengobatan dan perawatan kanker seperti meredakan rasa sakit atau nyeri, mual, muntah, dan/atau menurunkan rasa cemas terhadap pasien kanker yang melakukan kemoterapi.

9. Memudahkan Proses Persalinan dan Efek Pasca Melahirkan

Perempuan yang mendapatkan refleksologi menjalani proses persalinan yang lebih cepat dan menggunakan analgesik lebih sedikit.

Selain itu, refleksologi juga menunjukkan dampak positif pada depresi, kecemasan, serta masalah buang air kecil dan buang air besar pasca melahirkan

Categories: terapi pijat | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: